Lihat, Momen Prabowo Subianto Mendapat Hormat Senjata dari Prajurit AS

Jumat, 21 Oktober 2022 – 14:48 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto di Gedung Pentagon, Virginia, AS, Kamis (20/10). Dokumen dari Tim Media Menhan RI

jpnn.com, VIRGINIA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bertandang ke Gedung Pentagon, Virginia, AS, Kamis (20/10) waktu setempat demi menemui Menhan negeri Paman Sam Lloyd J. Austin III. 

Tampak, Prabowo datang ke lokasi dengan mengenakan peci berwarna hitam, setelan jas dan celana bahan berkelir biru dongker. 

BACA JUGA: Isu Prabowo Mundur Jadi Capres 2024 Dinilai sebagai Black Campaign

Austin seperti dalam foto yang dibagikan Tim Media Menhan RI, terlihat menyambut kedatangan Prabowo setibanya di lokasi. 

Beberapa prajurit bersenjata terpotret berdiri berjajar di tangga menuju pintu masuk Gedung Pentagon menyambut kedatangan Prabowo. 

BACA JUGA: Erick Thohir Figur Paling Tepat untuk Mendampingi Prabowo di 2024

Prajurit itu bahkan memberi hormat senjata kepada Prabowo sebelum memasuki area Gedung Pentagon. 

Dalam foto lainnya, Prabowo tampak sedang duduk di sebuah ruangan dan sedang berbincang dengan Austin. 

BACA JUGA: Muzani Sampaikan Pesan Prabowo, Kader Gerindra Sebaiknya Melaksanakan

Keterangan resmi Tim Media Menhan RI menyatakan pertemuan dua tokoh mendiskusikan penyelarasan kerja sama ke depan antara Amerika Serikat dan Indonesia soal kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh, bebas dan terbuka," kata Prabowo dalam keterangan pers Tim Media Menhan RI, Jumat (21/10). 

Diskusi dua tokoh turut membahas tentang pentingnya kerja sama yang berkelanjutan di tengah dinamika keamanan regional yang semakin kompleks. 

Pentagon bakal membantu Indonesia memodernisasi militer dan untuk memperkuat interoperabilitas antara AS dan Jakarta.

Austin pun menyatakan dukungan terhadap fokus Prabowo untuk profesionalisasi militer Indonesia dalam bentuk pengiriman taruna.

Nantinya, taruna militer Indonesia dalam dua tahun ke depan bisa dikirim ke tiga akademi militer AS, yaitu di The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Selain itu, kedua menteri juga membahas kemajuan signifikan dalam kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan "Super" Garuda Shield musim panas ini, latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Prabowo juga menyatakan apresiasi atas niat AS untuk mendukung ASEAN yang mandiri dan kuat serta berterima kasih atas terlaksananya pertemuan ini.

“Kami berharap kerja sama pertahanan kedua negara semakin kuat dan persahabatan kedua negara akan terus berlanjut serta tumbuh dalam semangat saling menghormati dan percaya untuk kepentingan nasional masing-masing,” ucap Prabowo. (ast/jpnn) 

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler