Lima Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol

Senin, 05 Maret 2018 – 15:06 WIB
Daging Ikan Salmon. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kolesterol adalah lemak yang bisa ditemukan di dalam darah, yang dibutuhkan sel tubuh. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol juga didapat dari makanan.

Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL sering disebut kolesterol jahat, sementara HDL adalah kolesterol baik.

BACA JUGA: Tiga Penyebab Pria Lebih Mudah Kena Serangan Jantung

Jika LDL bisa meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke, maka HDL mampu menekan risiko penyakit tersebut.

Jika selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka kini saatnya mengubah apa yang Anda makan untuk menekan kadar kolesterol.

BACA JUGA: 4 Olahraga Ini Bisa Kencangkan Payudara Kendur

Simak deretan makanan penurun kolesterol tinggi berikut ini, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (4/3).

1. Gandum

BACA JUGA: Ladies, ini 7 Pemicu Payudara Kendur di Usia Muda

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol Anda, kuncinya mungkin hanya mengubah makanan pagi Anda.

Mengaktifkan sarapan Anda yang mengandung dua porsi gandum bisa menurunkan kolesterol LDL ("buruk") sebesar 5,3 persen hanya dalam waktu 6 minggu.

Kunci pelebur kolesterol ini adalah beta-glukan, zat pada gandum yang menyerap LDL yang kemudian diekskresikan oleh tubuh Anda.

2. Anggur merah

Ternyata anggur merah Tempranillo berserat tinggi sebenarnya bisa menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa ketika individu mengonsumsi suplemen anggur yang sama dengan anggur merah, maka kadar LDL mereka menurun sebesar 9 persen.

Selain itu, mereka yang memiliki kolesterol tingg melihat penurunan LDL sebesar 12 persen.

3. Ikan salmon

Lemak omega-3 adalah salah satu keajaiban kesehatan alami dunia dan telah terbukti bisa menangkal penyakit jantung, demensia dan banyak penyakit lainnya.

Kini, asam lemak ini bisa menambahkan manfaat kesehatan lain pada repertoar mereka, yakni menurunkan kolesterol.

Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada salmon, sarden dan herring bisa meningkatkan kolesterol baik sebesar 4 persen.

4. Kacang

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mengonsumsi 1,5 ons kenari utuh enam hari seminggu selama sebulan, mampu menurunkan kolesterol total mereka sebesar 5,4 persen dan kolesterol LDL sebesar 9,3 persen. Almond dan kacang mete adalah pilihan bagus lainnya.

5. Teh

Sementara teh telah dikenal karena antioksidan melawan kanker, teh juga merupakan pertahanan yang hebat terhadap kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan dengan USDA, teh hitam telah terbukti bisa mengurangi lipid dalam darah hingga 10 persen hanya dalam tiga minggu.

Temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. (fny/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Hal Penting dalam Menggambar Alis


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler