Lima Ritual Adat di Kota Solo yang Bisa Disaksikan Wisatawan

Selasa, 12 November 2019 – 19:40 WIB
Ilustrasi suasana di Kota Solo. Foto : ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, SOLO - Solo adalah salah satu kota yang dikenal sebagai pusat budaya di Indonesia. Di Kota Solo, wisatawan bisa menikmati keberagaman dengan nuansa Jawa yang kental.

Meski zaman telah modern, sejumlah tradisi ritual adat yang berasal dari nenek moyang masih dilestarikan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

BACA JUGA: Ada Hal Penting yang Disampaikan Gibran Rakabuming pada Bu Mega

Selain itu, melestarikan tradisi secara turun-menurun merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga keberagaman dan kerukunan dengan sesama.

Bagi Anda yang hendak berlibur ke Solo, tak ada salahnya untuk mengetahui sejumlah ritual adat yang masih dilestarikan antara lain sebagai berikut.

BACA JUGA: Ketum Projo Yakin Putra Jokowi Menang dan Jadi Wali Kota Solo

? Sekaten

Sekaten merupakan salah satu ritual adat yang digelar secara rutian setiap tahun sebagai simbol peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Biasanya, Sekaten dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara yang disebut dengan Grebeg Maulid.

Ritual adat ini dimulai dengan Tabuhan Gamelan Pusaka Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari lalu dilanjutkan dengan Jamasan Meriam Pusaka Kiai Setomi.

Setelahnya, ritual adat ini dilanjutkan dengan melakukan upacara pengembalian Gamelan Pusaka ke dalam Keraton Solo.

Sekaten diakhiri dengan pemberian sedekah taja. Rangkaian upacara tradisional tersebut selalu menyedot perhatian masyarakat.

Bahkan, tak sedikit wisatawan lokal dan asing yang menikmati Sekaten dari awal hingga akhir.

? Sadranan

Selain Sekaten, terdapat upacara unik lainnya yang digelar untuk mendoakan para arwah leluhur dan ahli waris yang telah meninggal dunia, yakni Sadranan. Ritual adat ini digelar setiap bulan Ruwah.

Kegiatan utamanya adalah pembacaan Yasin, tahlil, dan zikir bersama. Selama ritual adat ini berlangsung, warga Solo akan melakukan kegiatan silaturahmi dengan mengunjungi sanak saudara dan tetangga sekitar.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan upaya untuk mendapatkan berkah dari leluhur yang telah meninggal dunia. Di sisi lain, kegiatan ini pun dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan.

? Grebeg Sudiro
Grebeg Sudiro merupakan salah satu upacara adat yang kental dengan budaya Tionghoa. Upacara yang mulai digelar sejak tahun 2007 hingga sekarang ini menyuguhkan berbagai atraksi seru. Tidak hanya kesenian Tionghoa, tetapi juga kesenian Jawa, seperti barongsai
dan reog Ponorogo.

? Kirab Satu Suro

Sesuai dengan namanya, ritual adat kirab satu Suro ini digelar pada malam satu Muharram. Dalam pelaksanaannya, warga akan berjalan di sekitar kampung sejauh tiga kilometer.

Uniknya, selama berkeliling warga akan membawa benda-benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan magis sembari diiringi kebo bule bernama Kyai.

Setiap tahunnya, baik Keraton Surakarta dan Puro Mangkunegaraan tak pernah melewatkan acara ini. Inilah salah satu alasan mengapa Solo selalu ramai dipenuhi wisatawan menjelang satu Suro.

? Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhaya Ketawang tercatat sebagai ritual adat yang sarat akan mistis. Konon, setiap kali tarian ini dilakukan, Ratu Kidul aka ikut menari untuk menghormati Raja penerus dinasti Mataram.

Pada mulanya, tarian ini hanya dilakukan oleh tujuh orang, tetapi seiring perkembangan zaman, jumlah penari ditambah menjadi sembilan orang.

Itulah sejumlah ritual adat yang masih dilestarikan di Solo. Jika Anda ingin menyaksikan langsung ritual adat tersebut, maka jangan ragu untuk mengunjungi Solo.

Sebelum liburan, pastikan memesan tiket Citilink via aplikasi atau website Airy lebih dulu. Nikmati kemudahan booking tiket pesawat Trigana Air ke Solo dengan harga termurah berikut fasilitas berupa ganti jadwal penerbangan, pengembalian dana, dan jaminan keamanan
transaksi bebas dari penipuan.

Terdapat tiga pilihan pembayaran yang dapat Anda pilih, transfer bank, kartu kredit, dan melalui gerai Indomaret. Selain perjalanan wisata, Airy juga menyediakan paket perjalanan bisnis hemat anggaran ke dalam negeri dan luar negeri, lengkap dengan fasilitas terbaik. Tunggu apa lagi? Ayo, liburan bersama Airy!. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler