Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Rabu, 10 Januari 2024 – 02:01 WIB
Ubi jalar. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - AHLI kesehatan menganjurkan kita agar selalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sinar matahari yang langsung terpapar ke kulit Anda bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti kanker.

BACA JUGA: 3 Tips Mendinginkan Bibir Terbakar Akibat Sinar Matahari

Oleh karena itu, jika Anda keluar rumah, sebaiknya mengenakan tabir surya.

Namun, mengapa tidak menambahkan lapisan perlindungan ekstra dari dalam ke luar?

BACA JUGA: 6 Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Ternyata, makanan yang Anda konsumsi sebenarnya bisa membantu kulit kamu tetap terlindungi dari efek berbahaya sinar UV matahari yang kuat di musim panas.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Acquablumedicalspa.com.

BACA JUGA: 7 Manfaat Asam Jawa, Bantu Jaga Kesehatan Kulit Wajah

1. Tomat

Warna merah indah yang menandai tomat matang yang nikmat adalah berkat likopen, karotenoid yang dikenal karena sifat antioksidan dan antikankernya.

Mengonsumsi makanan seperti tomat dan produk berbahan dasar tomat bisa menghalangi sinar UVB menembus kulit Anda, serta menetralkan oksidasi radikal bebas yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari di masa lalu, sehingga menangkal efek photoaging pada kulit.

2. Wortel

Wortel mungkin paling dikenal karena kemampuannya meningkatkan kesehatan mata Anda.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa sayuran kuat ini juga bermanfaat bagi kulit Anda.

Seperti likopen, beta-karoten yang terdapat pada wortel merupakan antioksidan kuat yang bisa melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Wortel juga bisa membantu menurunkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, yang mengurangi keparahan sengatan matahari, jika Anda berada di luar ruangan tanpa tabir surya.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar juga mengandung beta-karoten, yang dianggap sebagai sumber vitamin A yang aman, dan karenanya juga berkontribusi terhadap perbaikan sel dan perlindungan UV.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin C dan E dalam jumlah tinggi, yang terbukti meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki tekstur kulit, dan bahkan mengurangi kantung mata.

4. Paprika

Karotenoid yang terdapat pada paprika merah, oranye, dan kuning tidak hanya memberikan sifat antioksidan yang sangat baik, tetapi juga mengandung beta-karoten 11 kali lebih banyak dibandingkan paprika hijau.

5. Semangka

Semangka bukan hanya camilan musim panas yang sempurna karena rasanya yang segar dan berair.

Semangka juga dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk menjaga kulit Anda terlindungi dari sinar matahari.

Semangka juga membantu seluruh tubuh Anda tetap terhidrasi, yang bisa membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bersinar.

6. Blueberry dan Anggur

Melanjutkan roda warna makanan yang menyehatkan kulit, blueberry dan anggur mengandung fitokimia flavonoid dan resveratrol.

Bahan-bahan ini telah terbukti memiliki kemampuan antipenuaan dan antiinflamasi yang kuat yang bisa membantu membalikkan penuaan dini yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

7. Ikan Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang juga ditemukan pada tuna, biji rami, dan kenari.

Omega-3 tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga bisa membantu meningkatkan kemampuan kulit Anda untuk melindungi diri dari sinar UV dan bahkan melawan infeksi dan kanker kulit.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
sinar matahari   Makanan   Kulit   Tomat  

Terpopuler