Lini Belakang Belanda Mengkhawatirkan

Latihan Perdana Berlangsung Kemarin

Rabu, 06 Juni 2012 – 07:42 WIB

KRAKOW-Tim nasional Belanda memulai latihan resmi perdananya di Polandia kemarin WIB. Tim Oranje-julukan Belanda- menjalani latihan khusus di arena dekat campnya, Stadion Municipal Wisla Krakow. 

Pasukan Bert van Marwijk berlatih khusus di depan puluhan jurnalis pada pagi hari. Lantas petangnya, terdapat sesi latihan lebih serius dan tertutup. Latihan terbuka untuk umum baru dilaksanakan hari ini. Pihak Belanda berharap, latihan resmi itu bisa ditonton setidaknya 25 ribu fans.

Pada latihan tersebut, Belanda tampil dengan kekuatan penuh. Hanya defender Everton Johnny Heitinga yang terpaksa berlatih terpisah dari tim karena masih cedera ringan.

Sedangkan bek tengah asal Klub Malaga, Joris Mathijsen yang kondisi sempat meragukan, ternyata bisa hadir. Namun seperti Heitinga, Mathijsen menjalani program terpisah untuk memulihkan cedera hamstring.  Cedera itu didapat saat Belanda kalah melawan Bulgaria 1-2 dalam laga persahabatan 26 Mei lalu.

"Ini permasalahan usia. Dikombinasi dengan dua jenis cedera yang saya derita, saya paham banyak orang yang meragukan kondisi saya. Meski sebenarnya saya tidak pernah cedera parah sepanjang karir saya," ucap pemain 32 tahun tersebut kepada Reuters.

Walau begitu Mathijsen mengatakan siap tampil saat Belanda memulai laga perdananya melawan Denmark 9 Juni mendatang. Sebab dari tes MRI yang dijalani, ototnya sangat baik dan tidak bermasalah. "Saya gembira dengan kondisi saya. Tidak ada masalah. Semua baik-baik saja," imbuhnya.

Tidak fitnya Heitinga dan Mathjisen memang sangat mengkhawatirkan. Sebab keduanya merupakan duet centre back utama di tim juara Euro 1988 itu. Jika sampai bermasalah, kekuatan Belanda akan semakin tak seimbang. Hebat di lini depan, namun sangat lemah di belakang.

Van Marwijk memang sangat fokus untuk memperbaiki pertahanan. Karena penyerangan tidak menjadi masalah. Indikasinya Robin Van Persie bisa sangat ganas dengan menghancurkan Irlandia Utara 6-0 dalam uji coba terakhir sebelum bertolak ke Polandia (2/6) lalu. 

Pada laga itu Van Persie dan Ibrahim Afellay masing-masing mencetak dua gol. Sedangkan gol sisanya diciptakan Wesley Sneijder dan Ron Vlaar. Pada laga itu, Belanda hanya memainkan van Persie sendirian di lini depan. Namun, kapten Arsenal itu tak menampik kemungkinan akan berduet dengan Klaas-Jan Huntelaar dalam laga pembuka.

"Tentu saja kami bisa bermain bersama. Klaas-Jan adalah pencetak gol sejati. Penampilannya juga terus meningkat bersama tim nasional," katanya.

Sementara itu winger Arjen Robben menegaskan Belanda siap memberikan yang terbaik. Pemain Bayern Munchen itu menegaskan bahwa rekan-rekannya sudah siap seratus persen. "Kami sangat siap. Namun masih ada beberapa hari lagi untuk memperbaiki diri. Atmosfer di camp sangat bagus," katanya.

"Di grup kami sangat keras. Setiap pertandingan akan sangat berat dan berimbang. Namun tekad kami sejak awal adalah menembus babak final," imbuhnya.

Belanda berada di grup B yang disebut-sebut sebagai grup neraka. Di sana ada lawan tradisional mereka yakni juara tiga kali Jerman. Juara 1992 Denmark dan finalis 2004 Portugal juga bercokol di grup itu. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yellow Jersey Masih Dikuasai Pebalap Jepang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler