Lo Kok Dovizioso jadi Unggulan di MotoGP Qatar? Marquez?

Selasa, 13 Maret 2018 – 05:42 WIB
Andrea Dovizioso. Foto: GPOne

jpnn.com, LOSAIL - Musim balapan MotoGP 2018 bakal digeber mulai Minggu (18/3) malam waktu Losail, Qatar. Ya, Sirkuit Losail kembali dipercaya menjadi seri pertama kebut-kebutan para penunggang Kuda Besi dunia.

Ketatnya hasil uji coba pramusim mengirimkan sinyal bahwa akan lebih banyak pembalap yang terlibat persaingan di baris terdepan.

BACA JUGA: Iannone: Suzuki GSX RR Lambat Saat Menyalip di Trek Lurus

Runner-up musim lalu Andrea Dovizioso (Ducati) menjadi yang teratas dijagokan sebagai juara seri pertama. Meski tak pernah menjadi pembalap tercepat pada tiga episode uji coba pra musim di Malaysia, Thailand, dan Qatar rider 31 tahun tersebut memamerkan hasil long run yang menjanjikan. Catatan waktunya konstan cepat.

Misalnya tampak pada long run yang dilakukan Dovi pada hari kedua tes Qatar. Saat itu, pembalap Italia tersebut melakukan 12 lap tanpa henti pada pukul 19:06 sampai 19:27. Ini adalah waktu yang representatif karena bersamaan dengan jadwal balapan sebenarnya di Qatar.

BACA JUGA: Tim Aprilia Gresini MotoGP Rilis Livery Baru RS-GP 2018

Pada lap kedua sampai 12 catatan waktunya mengerikan. Yakni berkisar antara satu menit 55,7 detik sampai 1 menit 54 detik bawah. Tak pernah lebih lambat dari itu. Meski tak sampai 20 lap seperti balapan sebenarnya, 12 lap itu sudah cukup untuk menilai kekuatan Dovi.

Bandingkan dengan race pace pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales saat menjuarai GP Qatar musim lalu. Yakni antara satu menit 57,454 detik sampai satu menit 56,157 detik. Jika melihat data ini, jelas Dovi lebih cepat.

BACA JUGA: Tech3 ke KTM, Johann Zarco Belum Tentu

Meskipun kondisi saat uji coba akan jauh berbeda dibandingkan dengan balapan yang sebenarnya. Di tes pembalap akan menggeber motornya sendirian tanpa harus berduel dengan rider lain.

Long run Dovi nyaris sama dengan race pace Jorge Lorenzo saat menjuarai GP Qatar dua tahun lalu bersama Yamaha. Yakni antara 1 menit 56,457 detik hingga satu menit 54,927 detik. Jika Dovi mampu mempertahankan kecepatannya saat uji coba di balapan Qatar nanti, prediksi bahwa dia adalah kandidat kuat juara bukan cuma isapan jempol.

''Saya senang, banyak orang berpikir seperti itu (kandidat juara Qatar). Kami sangat terbantu dengan performa motor yang bekerja sangat baik di trek (Qatar) ini. Waktu lap bisa diraih dengan mudah,'' ungkap Dovi seperti dilansir Autosport.

Dia mengaku sudah memprediksi bisa tampil cepat pada uji coba Qatar, tapi tidak menyangka bisa sekencang itu. Yang belum meyakinkan bagi Dovi adalah pilihan chassis untuk balapan pertama nanti. Ada dua chassis yang dijajalnya di Qatar. Keduanya memiliki kekuarangan dan kelebihan masing-masing. Dovi sendiri mengatakan bakal memutuskan chassis mana yang dipakai beberapa hari sebelum balapan berlangsung. ''Tapi aku bisa tampil cepat dengan keduanya,'' imbuhnya.

Kecepatan Dovi diakui juara bertahan MotoGP, Marc Marquez (Repsol Honda). Sebelum hari terakhir tes Qatar pembalap 25 tahun tersebut mengaku tertinggal 0,6-0,7 detik di belakang Dovi dalam hal long run. Tapi pada hari terakhir, dia mengaku sudah mampu mendekat dan mengepras catatan waktunya antara 0,3-0,4 detik.

Kemajuan tersebut penting untuk balapan yang sebenarnya. Karena pertarungan yang ketat di setiap lapnya selisih sekecil apapun akan menjadi krusial. Keunggulan 0,3 atau 0,5 detik akan berdampak besar saat harus bertarung 20 lap.

''Mungkin dia (Dovi) belum menggebar 100 persen, tapi dia sudah sangat cepat. Mencapai satu menit 55 detik bawah dengan mudah, atau setidaknya di banyak lap,'' ucap Marquez.

Jika melihat hasil uji coba di Qatar, balapan pertama Minggu nanti akan sulit diprediksi. Bukan hanya Marquez dan Dovi, tapi juga Daniel Pedrosa (Repsol Honda), duo Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales memiliki race pace bagus. ''Jika melihat ritme long run di akhir test, bahkan (Danilo) Petrucci (Pramac-Ducati), Cal (Crutchlow, LCR-Honda) bisa sangat cepat dan konsisten,'' tandasnya.

Sementara Johan Zarco (Tecch 3-Yamaha) akan menjadi kuda hitam di Qatar. Dia menutup tes Qatar sebagai yang tercepat. Namun agak kesulitan dalam long run di Losail. Marquez sendiri menyebut tiga pembalap yang berpeluang besar berebut podium di Qatar, Minggu nanti. Dovi ada di posisi teratas, kemudian Valentino Rossi, dan tentu saja dirinya sendiri. (cak)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tech 3 Resmi Bergabung ke KTM


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler