Lokal Keren Jatim Memaksimalkan Digitalisasi Produk UMKM

Rabu, 25 Agustus 2021 – 20:14 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso dalam gelaran Lokal Keren Jatim. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Pameran virtual Lokal Keren Jatim memiliki arti sangat penting bagi pelaku UMKM. Acara yang diselenggarakan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. itu merupakan bagian dari BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan Lokal Keren Jatim bertujuan membangkitkan UMKM, terutama saat pandemi virus corona (covid-19).

BACA JUGA: Transaksi BRI Cashless via BRImo Makin Mudah dengan Fitur QR Pedagang

Sebanyak 251 UMKM menjual produknya dalam Lokal Keren Jatim yang dihelat pada 1-31 Agustus 2021.

Mereka menjual berbagai produk, seperti fesyen, makanan, minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, serta aksesoris dan kecantikan.

BACA JUGA: BRI Ingin UMKM di Jawa Timur Tembus Pasar Dunia

Lokal Keren Jatim juga memaksimalkan digitalisasi sehingga memudahkan masyarakat berbelanja.

Masyarakat bisa membeli produk menggunakan pembayaran daring, seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, kartu debit BRI, dan kartu kredit BRI.

BACA JUGA: Yuk Ikut Sayembara Desain Logo HUT Ke-126 BRI, Total Hadiah Capai Rp 45 Juta

Sunarso meyakini dengan digitalisasi, para pelaku UMKM makin mudah menjual produk-produknya.

Data sejak Mei 2020 hingga Juni 2021, sebanyak 6,5 unit UMKM on-boarding ke e-commerce sehingga total menjadi 14,5 juta unit. Pemerintah akan mendorong 5,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital.

Targetnya ialah 30 juta unit UMKM on-boarding hingga 2023. Selain itu, Lokal Keren Jatim juga makin menggaungkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Tema Lokal Keren Jatim yang diangkat kali ini diharapkan lebih mendorong produk artisan dan wisata Jawa Timur,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Sunarso mengatakan pameran virtual itu juga merupakan bagian dari Road to BRILianpreneur yang merupakan program tahunan perseroan.

“Event itu sejalan dengan spirit BRI, yaitu memberikan pembinaan dan pengembangan kepada UMKM secara berkesinambungan melalui rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur,” kata Sunarso. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler