Lolos Dengan Susah Payah

3 Indonesia U-21 v Filipina U-21 0

Senin, 05 Maret 2012 – 04:44 WIB

BANDARA SERI BEGAWAN - Timnas U-21 akhirnya memastikan langkah melaju ke semi final Piala Hasanal Bolkiah. Itu setelah Andik Vermansyah dkk berhasil menaklukkan tim Filipina U-21 dengan skor 3-0 di Hasanal Bolkiah Stadium, Bandar Seri Begawan, Brunei, tadi malam (4/3).

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil menduduki posisi runner up grup A dengan torehan tujuh poin. Selisih tiga poin dari Myanmar yang menjadi pemuncak klasemen. Di semifinal, Indonesia akan berjumpa dengan lawan berat, tim  Vietnam yang menjadi jawara di grup B, pada 7 maret mendatang.

Indonesia sebelumnya seakan berada di lubang Jarum karena harus menggantungkan nasibnya kepada hasil dua tim, Laos dan Singapura. Laos sebelumnya adalah runner up dan berpeluang besar lolos jika mengumpulkan Sembilan poin dengan menaklukkan Myanmar. Namun, peluang Laos akhirnya tertutup setelah kalah 0-2 dari Myanmar.

Selanjutnya, Singapura yang berpeluang lolos asalkan menang besar melawan Myanmar, kemarin (4/3), ternyata hanya meraih hasil imbang. Pertandingan kedua tim tersebut berakhir dengan skor kacamata 0-0. Singapura pun hanya menduduki peringkat keempat dengan lima poin.

Keberhasilan ini cukup disyukuri oleh pelatih timnas U-21 Widodo Cahyono Putro. Dia merasa senang karena peluang timnya yang sempat mengkhawatirkan karena bersaing dengan Singapura dan Laos untuk lolos akhirnya didapat meski dengan susah payah.

"Ini karena kerja keras tim. Kerja keras anak-anak untuk membuktikan mereka bisa menjawab harapan masyarakat untuk lolos," katanya melalui pesan singkat kepada Jawa Pos, tadi malam.

Kemenangan Indonesia atas Filipina memang sudah diprediksikan sejak awal karena hanya berjumpa tim terlemah. Tapi, Widodo mengakui tim lawan sempat memberikan perlawanan sengit terutama di lini pertahanan sehingga menyulitkan anak didiknya untuk mencetak gol lebih.

Terbukti, Indonesia hanya bisa menang dengan skor 3-0 meski secara permainan tim Garuda Muda terlihat cukup dominan dan terus menekan pertahanan The Azkals, julukan tim Filipina. Tiga gol Indonesia dicetak oleh Andik Vermansyah pada menit ke-18 dan penalti di menit ke 44, serta satu gol dari Yosua Pahabol pada menit ke-63.

Harus diakui, lini depan timnas U-21 memang masih belum sempurna. Dari sekitar sepuluh peluang emas yang didapat, Indonesia hanya mampu mengkonversikannya menjadi tiga gol. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan jika akan berhadapan dengan Vietnam. Sayang, Widodo belum menjawab saat ditanya tentang peluangnya melawan Vietnam.

Di grup B, Vietnam yang telah memastikan lolos dengan torehan 10 poin masih belum memiliki pendamping. Pertandingan penentuan posisi runner up  grup B baru digelar hari ini.

Brunei Darussalam dan Timor Leste saling bersaing karena sama-sama mengumpulkan enam poin. Namun, Brunei lebih unggul di selisih gol. Karena itu, kedua tim harus "saling bunuh " untuk satu tiket semi final tersisa. Runner up grup B nantinya akan bersua juara grup A, Myanmar.(ali)

Grup A
TIm                     Main     Menang    Draw     Kalah    Poin
 Myanmar               4             3             1             0         10
 Indonesia              4             2              1            1           7
 Laos                      4             2              0            2           6
 Singapore             4             1              2             1          5
 Philippines            4             0              0             4          0

Grup B
Vietnam                 4             3              1             0          10
Brunei                    3             2              0             1           6
Timor-Leste           3             2               0             1          6
Malaysia                3             0               1             2          1
 Cambodia     3     0     0     3    0
BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia dan Myanmar Lolos ke Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler