Lomba Matematika, RI Terbanyak Kirim Tim

Rabu, 20 Juli 2011 – 02:48 WIB

JAKARTA--Sebanyak 28 negera dipastikan berpartisipasi pada Kompetisi Matematika Indonesia Internasional atau International Indonesia Mathematics Competitions (IIMC) 2011 yang digelar mulai 18-23 Juli 2011 di BaliPeserta kompetisi adalah siswa sekolah dasar (SD) usia sampai dengan 12 tahun dan sekolah menengah pertama (SMP) usia 13-16 tahun.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyampaikan, kegiatan IIMC 2011 dapat dijadikan sebagai sarana mengeksplorasi potensi setiap siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri

BACA JUGA: Pemerintah tak Peduli, Siswa Pintar Lari ke Luar Negeri

"Jangan dilupakan melalui interaksi seperti ini muncul persaudaraan saling mengenal antarbudaya
IIMC ini bisa dipakai sebagai bagian untuk membentuk diplomasi kultural," terangnya dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (19/7).

Pada penyelenggaraan IIMC ke-7 ini, Indonesia menjadi negara peserta paling banyak mengirimkan peserta yaitu sepuluh tim SD sebanyak 40 siswa dan 11 tim SMP sebanyak 45 siswa

BACA JUGA: Jangan Tambah Lagi Beban Kurikulum!

Pada penyelenggaraan tahun lalu di Korea Selatan yang diikuti 35 negara, Indonesia meraih empat medali emas, 12 medali perak, dan 15 perunggu, serta delapan merrit award.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas Suyanto melaporkan, kegiatan IIMC bertujuan untuk membangun kerja sama internasional dalam pengembangan matematika
Tujuan berikutnya, kata dia, mengembangkan program-program yang terkait dengan peningkatan kurikulum di sekolah terutama bidang matematika yang sesuai standar internasional. 

"Kegiatan ini juga memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran matematika dan khususnya untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan mengembangkan teknik pemecahan masalah," katanya.

Suyanto menyebutkan, peserta kompetisi terdiri atas kontestan 627 orang, team leader 136 orang deputy team leader 117 orang, pendamping 130 orang

BACA JUGA: Pelajaran Sejarah Harus Dalami Figur Tokoh

"Kegiatan melibatkan sepuluh juri terdiri atas enam juri internasional berasal dari Kanada, Filipina, Taiwan, Cina dan empat orang juri nasional, dan 13 orang asisten juri," ujar Suyanto.

Suyanto menyampaikan, kompetisi meliputi dua kategori yaitu individu dan timJumlah peserta individu jenjang SD 268 orang dan jenjang SMP 336 orang"Jumlah peserta kompetisi tim masing-masing 66 tim SD dan 82 tim SMP," katanya.

Setiap negara mengirimkan 1-4 tim per jenjangSetiap tim terdiri atas enam orang, yakni satu orang team leader, satu orang deputy team leader, dan empat orang siswa"Jumlah orang yang berpartisipasi dari seluruh negara peserta kurang lebih sebanyak seribu orang," ucap Suyanto.

Kompetisi akan memperebutkan 40 medali emas, 80 medali perak, dan 121 medali perunggu pada jenjang SD, serta 47 medali emas, 93 medali perak, dan 120 medali perunggu pada jenjang SMPPenghargaan yang diberikan meliputi penghargaan grup, tim, dan overall prizesPenghargaan grup adalah penghargaan bagi tim dengan jumlah tiga nilai terbaik dari anggota timnya, sedangkan penghargaan tim adalah penghargaan bagi tim yang memiliki nilai terbaik pada jenis kompetisi tim(cha/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelajar RI Raih Emas Olimpiade Fisika


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler