Lomba Promosi Desa Wisata Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gus Halim Ungkap Sebuah Harapan

Kamis, 15 Desember 2022 – 15:22 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (dua dari kiri) bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan plakat dan hadiah kepada pemenang Lomba Promosi Desa Wisata 2022, Rabu (14/12) malam. Foto: Dokumentasi Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menilai Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara 2022 berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hal itu disampaikan Gus Halim yang akrab disapa di malam Penganugerahan Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara 2022 Tahap II yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Pullman Hotel, Rabu (14/12).

BACA JUGA: Kemendes PDTT Bakal Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

“Kategori pemenang di promosi ini selalu kami pantau kunjungan wisatawannya. Jadi bukan hanya promosinya yang kami bangun, tapi kunjungan wisatawannya bagaimana. Alhamdulillah rata-rata terus mengalami peningkatan,” kata Gus Halim.

Gus Halim mengatakan potensi alam di desa wisata sebenarnya sangat bagus.

BACA JUGA: Gus Halim Minta Pejabat Kemendes PDTT Tak Hanya Sibuk di Kantor

Namun lantaran kurangnya promosi, potensi tersebut belum banyak dikenal masyarakat.

“Promosinya kurang karena memang kemampuan promosi memang belum dimiliki,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kemendes PDTT Gelar Upacara Tabur Bunga di Kompleks Makam Pionir Transmigrasi

Untuk lomba berikutnya, Gus Halim berencana mempertandingkan aspek materi wisata beserta pengelolaanya.

“2023 nanti berbeda lagi, sudah lebih masuk pada sisi konten dan pengelolaan,” ujar Gus Halim.

Pada malam penganugerahan itu, Gus Halim menyerahkan plakat dan hadiah kepada para pemenang peringkat 11 hingga 50 besar.

Kemudian Gus Halim menemani Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan plakat dan hadiah kepada 10 besar pemenang Lomba Promosi Desa Wisata 2022.

Kemeriahan Malam Anugerah Pemenang Lomba Promosi Desa Wisata diramaikan dengan stand up dari Komika Dodit Mulyanto dan aksi pangung Ndarboy.

Sebagai informasi, Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara II adalah kelanjutan dari lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahap I yang sudah diumumkan pada Juli 2022.

Lomba yang berhadiah berhadiah total Rp 1 miliar ini digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama tumbuh dan bangkit pascapandemi.

Adapun kriteria pemenang pada lomba II ini adalah 50 Desa Wisata yang berhasil mendapat like alias tanda jempol terbanyak dari pengunjung atau wisatawan melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di android dan IOS.

Turut hadir dalam acara ini Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, pewakilan negara sahabat dan mitra Kemendes PDTT.

Selain itu juga hadir para sejumlah bupati, pejabat tinggi, madya dan pratama di lingkungan Kemendes PDTT. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler