Lorenzo Turun di Laguna Seca?

Selasa, 16 Juli 2013 – 06:17 WIB
SACHSENRING - Kepastian Jorge Lorenzo untuk absen atau bahkan tampil di balapan MotoGP Laguna Seca yang berlangsung akhir pekan ini masih menjadi teka-teki. Kubu Yamaha Factory mau pun Lorenzo sendiri belum memberikan keterangan terkait hal itu.    

Kondisi tersebut membuat banyak pembalap angkat suara. Komentar pun beragam, ada yang optimistis, ada pula yang pesimistis.

Valentino Rossi ada di pihak yang optimistis. Rekan setim Lorenzo di Yamaha tersebut yakin Lorenzo bisa segera kembali membalap. Meski hanya memiliki jeda sepekan, Rossi optimistis kondisi fisik Lorenzo sudah jauh lebih baik.

"Ini hanyalah pemikiran saya. Namun, saya yakin Lorenzo akan membalap di Laguna Seca. Dia memiliki waktu sepekan lagi. Saya memang tidak tahu apa-apa. Ini hanyalah perasaan saya," jelas Rossi seperti dilansir Crash.

Pendapat Rossi itu didasarkan pada aksi hebat Lorenzo di MotoGP Belanda. Padahal, saat itu Lorenzo tengah mengalami cedera pada bahu kirinya yang didapat akibat kecelakaan di sesi latihan. Cedera kali ini didapat di Sirkuit Sachsenring akhir pekan lalu, yang berujung pada cedera di lokasi yang sama.

Kecelakaan di Sachsenring membuat pelat yang dipasang di tulang selangka (collarbone) kirinya bengkok. Dia membutuhkan operasi tambahan untuk memperbaikinya. Karena itu, Lorenzo absen di MotoGP Jerman.

"Awalnya memang menakutkan, tapi yang terjadi di pikiran setelah beberapa hari adalah tak terlalu buruk dan kenapa tidak (membalap)? Mungkin saja saya salah," tambah Rossi.

Sementara, Marc Marquez dan Cal Crutchlow ada di pihak yang pesimistis. Menurut dua pembalap tersebut, Lorenzo harus bersikap lebih dewasa menghadapi cedera yang tengah menderanya. Sebab, jika dipaksakan, bukan tak mungkin malah akan terjadi hal yang lebih buruk lagi.

"Seperti yang saya katakan, apa yang dia lakukan di Assen memang sangat mengejutkan. Jadi, kami bisa berharap banyak. Jika memang siap di Laguna Seca, kenapa tidak? Namun, situasi di balapan ini tidak akan mengubah pendiriannya," ujar Marquez.

Di Assen, Lorenzo memang memaksakan diri tampil setelah kurang dari 24 jam menyelesaikan operasinya. Hasilnya luar biasa, dia mampu finis di posisi kelima. "Saya pikir setelah menjalani operasi kedua, dia tidak akan mengambil risiko lagi. Sebab, dia juga harus memikirkan karirnya. Jika ingin memiliki karir yang panjang, lebih baik tidak melukai diri sendiri," tegas Crutchlow.

Akibat absen di Jerman, Lorenzo kini berada di posisi ketiga. Dengan koleksi 127 poin, dia tertinggal sebelas poin dari peringkat teratas Marquez (138 poin) dan sembilan poin dari Dani Pedrosa (136 poin). Laguna Seca adalah balapan terakhir sebelum istirahat musim panas dan baru akan balapan lagi di Indianapolis, 18 Agustus. (ady/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selangkah Lagi Jovetic Gabung City

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler