Luar Biasa, Chelsea Dominasi Penghargaan Individu dari UEFA

Jumat, 27 Agustus 2021 – 09:01 WIB
Para pemain Chelsea saat meryakan gelar juara Liga Champions. Foto: Twitter @ChampionsLeague

jpnn.com, ISTANBUL - UEFA telah mengumumkan daftar penerima penghargaan individu untuk para pemain terbaik di Liga Champions musim 2020/21.

Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan acara pengundian fase Grup Liga Champions, di Istanbul, Turki, Kamis (26/8) malam WIB.

BACA JUGA: Bawa Chelsea dan Italia Raih Gelar Juara, Jorginho Jadi Pemain Terbaik Eropa

Beberapa gelar individu yang diumumkan itu diantaranya adalah kiper, bek, gelandang, penyerang dan pelatih terbaik.

Pemenang gelar individu ini ditentukan oleh para juri yang terdiri dari 32 pelatih-pelatih yang timnya main di babak fase grup Liga Champions musim 2020/21, 55 jurnalis dan 55 asosiasi anggota UEFA.

BACA JUGA: Negosiasi Chelsea dan Sevilla untuk Jules Kounde Berjalan Rumit

Mayoritas pemenang gelar individu ini didominasi pemain Chelsea. Wajar penggawa The Blues -julukan Chelsea- mendominasi karena musim lalu tim yang bermukim di kota London itu berhasil keluar sebagai juara.

Pada babak final, Chelsea menang 1-0 atas Manchester City. Gelar Liga Champions 2020/21 jadi torehan kedua The Blues usai mereka meraih gelar pertamanya di tahun 2011/2012.

Penggawa Chelsea pertama yang meraih gelar individu dari UEFA adalah kiper Edouard Mendy.

Penjaga gawang yang dibeli dari Rennes musim lalu itu berkontribusi dengan mencatatkan sembilan clean sheet dari 12 laga yang dijalani.

Mendy berhasil mengalahkan dua nominasi lainnya, yakni Thibaut Courtois dari Real Madrid dan Ederson yang merupakan pemain Manchester City.

Untuk posisi bek, UEFA memilih pemain asal Portugal yang memperkuat Manchester City Ruben Dias sebagai pemain bertahan terbaik. Mantan pemain Benfica itu berhasil mengalahkan dua pemain Chelsea, yakni Cesar Azpilicueta dan Antonio Rudiger.

Masuk barisan gelandang, lagi-lagi penggawa The Blues berhasil meraih penghargaan individu.

Pemain asal Prancis, N'Golo Kante membawa pulang penghargaan gelandang terbaik usai mengalahkan rekan satu timnya Jorginho dan pemain tengah Manchester City Kevin De Bruyne.

Untuk posisi penyerang, UEFA memilih striker Borussia Dortmund Erling Haaland. Pemain asal Norwegia itu mengalahkan nama-nama beken seperti Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain dan Robert Lewandowski, mesin gol Bayern Munchen.

Haaland jadi yang terbaik usai musim lalu jadi top skor Liga Champions dengan raihan sepuluh gol.

Penghargaan yang diberikan UEFA selanjutnya adalah pelatih terbaik. Pada kategori ini, UEFA memilih pelatih Chelsea Thomas Tuchel sebagai yang terbaik.

Mantan pelatih Paris Saint-Germain itu berhasil mengalahkan Roberto Mancini yang juara EURO 2020 bersama Italia dan Pep Guardiola yang membawa Manchester City masuk final Liga Champions dan juara Premier League musim 2020/21.

Terakhir, UEFA akhirnya memberikan gelar individu pemain terbaik untuk musim 2021/21 kepada gelandang Chelsea Jorginho. Mantan pemain Napoli ini musim lalu tampil luar biasa baik bersama klub bareng Chelsea maupun bersama timnas Italia.

Gelandang berusia 29 tahun itu juara Liga Champions bersama pasukan Thomas Tuchel dan Euro 2020 bersama Gli Azzurri -julukan timnas Italia-.

Usai jadi yang terbaik, Jorginho mengatakan bahwa dirinya berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya selama ini.

“Saya tak bisa berkata-kata. Luar biasa sekali. Saya harus mengatakan betapa berterima kasihnya saya karena semua yang terjadi adalah berkat orang-orang yang berdiri mendukung saya," tutur Jorginho di situs resmi UEFA.

Terpilihnya Jorginho bisa membuat namanya menjadi calon kuat peraih gelar Ballon d’Or tahun 2021. (uefa/mcr16/jpnn)

Daftar Lengkap Peraih Gelar Individu dari UEFA tahun 2020/21

Kiper Terbaik

Putra: Edouard Mendy (Chelsea)
Putri: Sandro Panos (Barcelona)

Bek Terbaik

Putra: Ruben Dias (Man City)
Putri: Irene Paredes (PSG)

Gelandang Terbaik

Putra: N'Golo Kante (Chelsea)
Putri: Alexia Putellas (Barcelona)

Penyerang Terbaik

Putra: Erling Haaland (Dortmund)
Putri: Jennifer Hermoso (Barcelona)

Pelatih Terbaik

Putra: Thomas Tuchel (Chelsea)
Putri: Lluis Cortes (Barcelona)

Pemain Terbaik

Putra: Jorginho (Chelsea)
Putri: Alexia Putellas (Barcelona)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler