Luhut Panjaitan Keluarkan Rp 30 Miliar per Tahun

Senin, 25 April 2016 – 12:27 WIB
Luhut Panjaitan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengklarifikasi pemberitaan terkait namanya yang terseret dalam dokumen The Panama Papers. 

Luhut membantah menjabat direktur Mairfay International Ltd. Ia pun menyebut tidak ada kaitan dengan perusahaan offshore tersebut.

BACA JUGA: LUAR BIASA! Ini Rekor Dunia

Luhut menyatakan dalam menjalankan usaha selalu menaati peraturan perundang-undangan, termasuk ketaaan membayar pajak. 

"Pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kembali bahwa dalam menjalankan usaha saya selalu mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Luhut di kantornya, Jakarta,  Senin (25/4). 

BACA JUGA: Eits..Jangan Mudah Percaya Paket Murah

Dia bersyukur atas rezeki dan kesuksesan yang diberikan Tuhan. “Saya juga merasa Indonesia sudah memberi banyak kepada saya," ujar jenderal purnawirawan TNI berbadan tegap ini.  

Sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan dan rasa terima kasih kepada Indonesia, Luhut membangun sekolah dan perguruan tinggi DEL di kampung halamannya, dekat Danau Toba. 

BACA JUGA: Stafsus Ahok, Taufik dan Sangaji Kompak Irit Bicara

Sekolah ini memberikan beasiswa kepada anak-anak pintar dan cerdas namun tidak mampu, untuk bersekolah dan mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik. "Setiap tahun lebih dari Rp 30 miliar saya keluarkan untuk mensubsidi sekolah dan perguruan tinggi ini," kata dia. 

Lebih lanjut Luhut mengatakan saat ini ingin fokus bekerja dan memberikan kontribusi semaksimal mungkin untuk kemajuan Indonesia. 

"Saya harap penjelasan ini dapat memberikan informasi yang sebenarnya dan berimbang kepada masyarakat sehingga tidak ada pemahaman yang kurang tepat terhadap masalah ini," kata dia.

Seperti ramai diberitakan, bocoran dokumen firma hukum Mossack Fonseca, The Panama Papers menyebutkan nama Luhut sebagai direktur Mayfair International Ltd. Perusahaan offshore yang berbasis di Seychelles ini didirikan pada 29 Juni 2006. 

Dalam akta pendiriannya, Mayfair beralamat di Suite 13, First Floor, Oliaji Trade Centre, Francis Rachel Street, Victoria, Mahe, Seychelles. Di hari yang sama dengan pendirian Mayfair International Ltd, Luhut ditunjuk sebagai satu-satunya direktur. 

Dalam sertifikat penunjukan direksi Mayfair, Luhut dinyatakan beralamat di Jalan Mega Kuningan Barat III Nomor 11, Jakarta. Melengkapi keterangan itu adalah salinan paspor atas nama Luhut.

Namun, Luhut membantah semua itu. Dia mengatakan, penyebutan alamat rumahnya saja sudah salah. "Saya tidak tahu, itu alamat rumah saya saja dibikin salah di situ. Alamat rumah saya bukan di Mega Kuningan 11. Rumah saya nomor 18," katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Guys, Ini Ada Sebutan Khusus dari Ahok untuk Amien Rais


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler