Lukisan Unik, Saat Jokowi-Ma'ruf Gantikan Posisi Soekarno-Hatta

Minggu, 18 Agustus 2019 – 10:13 WIB
Repro lukisan karya Yayat Lesmana. Foto: dari RMOL

jpnn.com, JAKARTA - Tenaga ahli madya termuda di Kantor Staf Presiden Fahd Pahdepie (32) membeli lukisan unik hasil goresan tangan Yayat Lesmana. Lukisan ini merupakan retrospeksi imajinatif proklamasi kemerdekaan RI 74 tahun yang lalu.

Joko Widodo dan Maruf Amin berdiri pada posisi Bung Karno dan Bung Hatta dalam upacara sederhana pengibaran Sang Saka Merah Putih, 17 Agustus 1945.

BACA JUGA: Jokowi Dorong Indonesia Bisa Produksi Biodiesel 100 Persen dari Sawit


Repro lukisan karya Yayat Lesmana yang dibeli Tenaga Ahli Madya Istana Negara Fahd Pahdepie. Foto: dari RMOL

Menurut sang pelukis, lukisan ini dia buat untuk mengekspresikan bahwa semangat kemerdekaan dan gagasan besar proklamasi harus hidup juga di era ini.

BACA JUGA: Simak Pesan Ki Kusumo di HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia

BACA JUGA: Selamat! Kolonel Laut Hariyo Poernomo Ukir Prestasi Gemilang

“Hari ini Bapak Bangsa kita adalah pemimpin negeri ini. Disimbolkan oleh Pak Jokowi dan Kiai Maruf," ujar seniman Tangerang Selatan itu seperti dikutip dari RMOL.

BACA JUGA: Meriahnya Perayaan HUT RI di Ibu Kota Tiongkok

Yayat senang karena karyanya diapresiasi sesama anak muda. Dia menyebut bahwa bukan penjualannya yang penting, melainkan apresiasi yang ditunjukkan Fahd kepada seniman lokal.

“Semangatnya yang penting. Semangat berkarya dan saling mengapresiasi. Itu yang harus jadi semangat mengisi kemerdekaan bangsa kita. Apalagi ini tepat 17 Agustus,” katanya.

Saat ditanya mengenai alasannya membeli lukisan Yayat, Fahd menyatakan bahwa dia ingin memulai dan memberi contoh bahwa seni dan budaya di level lokal akan berkembang jika diapresiasi dengan baik.

“Semangatnya mendukung siapapun yang berkarya, memberi apresiasi sebaik mungkin. Kalau kita mau kolaborasi, bayangkan semua hotel dan rumah sakit di Tangsel saja, misalnya, jika semua punya setidaknya satu atau dua lukisan karya seniman lokal, maka seni dan budaya akan tumbuh di kota ini. Kita juga menitipkan peradaban di sana," ujarnya. (darmansyah/rmol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringatan HUT RI di Melbourne Berbeda, Dirayakan Sampai di Tiga Tempat


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler