Ma Jin/Tang Jinhua: Suporter Indonesia Terbaik di Dunia

Jumat, 14 Juni 2013 – 14:55 WIB
Ganda putri Tiongkok, Ma Jin/Tang Jinhua. Getty Images
JAKARTA - Dukungan suporter menjadi salah satu kekuatan tambahan bagi para pebulutangkis Indonesia yang berlaga di Djarum Indonesia Open Superseries Premier 2013. Para pesaing dari negara lain pun acapkali gentar menghadapi teror penonton yang memenuhi Istora.

Ganda putri Tiongkok, Ma Jin/Tang Jinhua, contohnya. Pasangan peringkat enam dunia tersebut benar-benar kerepotan menghadapi gemuruh penonton yang memadati Istora. Terutama ketika mereka harus bersua wakil tuan rumah.

“Penonton di Indonesia luar biasa. Mereka seperti pasang loudspeaker. Suaranya sangat keras sekali. Memang cukup mengganggu kami. Tapi itu menjadi keuntungan bagi tim tuan rumah,” terang Jin melalui penerjemah saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (14/6).

Ucapan Jin diamini Jinhua. Dia juga mengaku bahwa konsentrasinya acapkali terganggu dengan gemuruh penonton yang ada di Istora. Para penonton terus saja berteriak untuk mendukung wakil tuan rumah. Jika tidak kuat mental, bisa jadi permainan bakal kacau balau.

“Gemuruhnya memang gila. Penonton di Indonesia sangat fantastis. Menurut saya, hal tersebut hanya terjadi di Indonesia. Bahkan bisa dibilang penonton Indonesia terbaik di dunia. Tidak ada yang seperti mereka di negara lain,” tegas Jinhua. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hamilton Masih Pede Rebut Juara Dunia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler