Macan Kejar Hattrick

Kemenangan Di Laga Tandang

Minggu, 29 Januari 2012 – 07:49 WIB

BANDUNG-Laga seru bakal tersaji saat Persija Jakarta menantang musuh bebuyutannya, Persib Bandung, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, sore nanti. Berbekal hasil bagus selama menjalani laga tandang, Persija optimistis mampu mengatasi perlawanan Persib.

"Saya harus melanjutkan tradisi. Terakhir Persija bisa menang di kandang Persib, saya bertekad untuk meraih poin penuh di Bandung," kata pelatih Persija Iwan Setiawan saat dihubungi oleh Jawa Pos, kemarin (28/1).

Pelatih berkacamata tersebut menegaskan bahwa timnya terlecut untuk melanjutkan rekor kemenangan tandang menjadi tiga kali berturut-turut. Sebelumnya, Persija telah mendapat dua kali kemenangan tandang saat away ke kadnang PSPS Pekanbaru (15/1) dengan skor 2-0 dan kandang Pelita Jaya Karawang (23/1) dengan skor 2-0 juga.

Dia menyebut jika dua kemenangan tersebut membuat anak didiknya semakin termotivasi dan percaya diri. Meski demikian, tim macan kemayoran, julukan Persija, bukan tanpa masalah. Mereka terkendala dengan kondisi Ramdani Lestaluhu yang sakit .

Jika melihat pergantian yang dilakukan oleh Persija. Posisi Ramdani besar kemungkinan akan digantikan oleh Johan Juansyah. Selain ramdani, ada juga Leo Saputra yang tak bsia main karena akumulasi kartu. Tapi, dia tidak terlalu khawatir.

"Saya sudah siapkan penggantinya. Formasi sebelumnya juga bagus mungkin akan tetap saya pertahankan dan hanya mengganti mereka yang kurang fit," paparnya.

Optimisme tinggi yang diusung Iwan tidak lantas membuatnya lupa diri. Dia melihat Persib sedang dalam kondisi meningkat baik dari sisi permainan mapupun mental. Pasalnya, mereka baru kembali meraih kemenangan setelah mengalami dua kali kekalahan.

"Kami harus mewaspadai motivasi para pemain Persib. Mereka sedang semangat-semangatnya untuk mengembalikan kepercayaan suporternya bahwa mereka bisa menang melawan Persija di kandangnya," terang Iwan.

Sementara itu, asisten pelatih Persib Bandung Robby Darwis juga tak kalah optimis. Dia menegaskan bahwa peluang menang cukup terbuka karena bermain dengan dukungan para Bobotoh, julukan suporter Persib.

Namun, dia mewanti-wanti anak didiknya agar tak mengulang beberapa kesalahan seperti saat menundukkan PSPS Pekanbaru pada 24 Januari lalu. Meski memiliki materi individu yang bagus, lanjut Robby, kekompakan para pemain masih kurang.

"Aliran bola antar pemain belum bisa maksimal. Itu yang membuat peluang juga kurang karena suplai bola belum maksimal. Besok (hari ini, Red) ini tak boleh terjadi. Anak-anak harus memanfaatkan peluang sekecil apapun itu," tandasnya.

Sama dengan PErsija, Persib juga memiliki masalah dengan kondisi kebugaran pemain. Mereka dipastikan tak bisa menampilkan Striker Aliyuddin dan Bek Sayap M. Nasuha. Keduanya sedang dibekap cedera  setelah menang melawan PSPS.

Karena itu, mantan kapten timnas era 1990-an itu akan memaksimalkan pemain lainnya yang sebelumnya juga sudah kenal betul dengan Persija seperti M. Ilham, Abanda Herman maupun Tony Sucipto.

Jika berhasil menang, Persija berpeluang menembus posisi lima besar sekaligus menggeser Persib yang berada di peringkat kelima dengan 15 poin hasil dari empat kali menang dan tiga kali imbang. Persija sendiri berada di peringkat delapan dengan 13 poin hasil empat kali menang dan sekali imbang.  (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Scholes Nilai Permainan Barcelona Membosankan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler