Macet Parah, Betonisasi Jalan Terus

Minggu, 07 Oktober 2012 – 08:25 WIB
BOGOR- Kota Bogor sudah terkenal kemacetannya. Situasi macet makin parah di ruas Jalan Suryakencana (Surken). Kemarin, pengguna ruas jalan itu  terjebak kemacetan panjang. Pasalnya, di ruas jalan itu sedang ada pekerjaan betonisasi.

Tak hanya di Surken, kemacetan juga terjadi di ruas Jalan Otista yang saat ini juga tengah berlangsung pekerjaan perbaikan jalan (betonisasi).

Betonisasi Surken terkendala cuaca yang sore kemarin diguyur hujan, menyebabkan kemacetan panjang dari arah Pasar Bogor hingga ke Jalan Siliwangi.  "Mau ke Jalan Pajajaran lewat Otista atau Siliwangi tetap terjebak macet. Hampir dua jam kendaraan tak bergerak, apalagi jam pulang kerja," keluh Erni, salah satu pengendara yang melintas di Jalan Gang Aut.

Staf ahli Konservasi Jalan, Jembatan dan Drainase DBMSDA, Dian Setiawan mengatakan, pekerjaan betonisasi ini sudah digeber sesuai jadwal dan untuk kendala di lapangan bukan kewenangannya. “Kalau pengaruh cuaca tidak bisa diprediksi. Kami harap masyarakat maklum karena ini adalah pekerjaan rutin,” terangnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Menurut ayah satu anak itu, pekerjaan betonisasi akan berlangsung selama 14 hari terhitung sejak 1 Oktober lalu. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan DLLAJ terkait pengalihan arus lalu lintas. ”Insya Allah akan sesuai jadwal 14 hari kerja, sehingga dapat meminimalisasi kemacetan. Karena kedua ruas tersebut selain sebagai tempat perniagaan juga sebagai pusat kuliner terutama saat akhir pekan,” jelasnya.

Dian menuturkan, betonisasi adalah perbaikan rutin setiap tahun terutama di ruas Jalan Surken.  Masalah drainase dan beban muat terlampau melebihi batas, merusak dasar tanah.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas DLLAJ, Dody Wahyudin menyatakan, untuk mengurai kemacetan di kedua ruas jalan itu selama pekerjaan, ada arus lalu lintas yang dialihkan. “Alternatifnya adalah Jalan Pahlawan arah Batutulis, atau Jalan Empang menuju Jalan Juanda ke arah Jalak Harupat untuk masuk ke Jalan Pajajaran,” tukasnya.

Menurut Dody, betonisasi setelah di Gang Aut akan berlanjut ke arah Bogor Plaza sehingga petugas akan dikerahkan, apalagi pada akhir pekan volume kendaraan yang melintas di sekitarnya terbilang padat. "Sudah dikoordinasikan dengan jajaran kami untuk mengurangi macet, terlebih saat ini kawasan Suryakencana terus dipantau oleh kami," pungkasnya. (ram/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Janji Tak Langsung Rombak Pejabat DKI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler