Mahasiswa Tuding Jokowi-JK Khianati Trisakti

Rabu, 20 Mei 2015 – 18:16 WIB
Mahasiswa dari berbagai Universitas menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). Mereka meminta Joko Widodo dan Jusuf Kalla mundur dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dari berbagai kampus dan organisasi berlangsung di depan istana negara, Rabu (20/5).

Berbagai kritik dan ancaman terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla terus dilontarkan melalui orasi dan puisi diatas mobil bak terbuka dengan pengeras suara.

BACA JUGA: Langkah KPU Akui Kubu AL Dianggap Sudah Tepat

Orator yang berasal dari mahasiswa universitas bung karno (UBK) misalnya. Dia menegaskan jika Jokowi-JK telah melakukan kesalahan fatal dengan menyerahkan harga BBM pada mekanisme pasar. Hal itu menunjukkan pemerintah hanya mementingkan asing dan kapitalis.

"Jokowi-JK telah mengkhianati Trisakti Bung Karno. Cita-cita untuk membuat bangsa berdikari di bidang politik, hukum dan ekonomi makin jauh," teriak orator di depan Istana Merdeka, Rabu (20/5), seperti diberitakan RMOL (grup JPNN).

BACA JUGA: Yuddy Ingatkan, ASN Digaji dengan Uang Rakyat

Beberapa tuntutan yang disampaikan bergantian oleh keluarga besar mahasiswa UBK di antaranya agar pemerintah Jokowi-JK segera mengimplementasikan trisakti secara penuh.

Selain itu, Jokowi-JK juga harus menasionalisasi aset vital negara dan menolak menyerahkan sistem ekonomi diserahkan ke pasar.

BACA JUGA: Presiden Bank Dunia: Saya Pahami Apa yang Jokowi Mau

"Jadikan hari kebangkitan nasional sebagai momentum menuju Indonesia mandiri dan berdaulat," demikian orator. (sam/RMOL)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Kumis Bocorkan Pernikahan Anak Jokowi, Ini Prosesinya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler