Mahasiswi Perantau Asal Papua Semringah Dapat Hadiah Gitar dari Mbak Puan

Minggu, 18 Agustus 2019 – 17:16 WIB
Mahasiswi Undip asal Papua senang mendapat hadiah gitar dari Mbak Puan. Foto : Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memberikan pengarahan dalam kegiatan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2019 di Gelora Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Semarang (18/8).

Kedatangan Puan itu disambut ribuan mahasiswa mahasiswi baru Undip yang sedang menjalani ospek tersebut.

BACA JUGA: Mbak Puan Sebut Menteri dari PDI Perjuangan Bisa Lebih dari 10

Dalam pengarahannya Puan berpesan agar para mahasiswa selalu mengedepankan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antarsesama.

BACA JUGA : Mbak Puan Sebut Menteri dari PDI Perjuangan Bisa Lebih dari 10

BACA JUGA: Perjumpaan Terakhir Bu Mega dengan Mbah Moen, Bicarakan Bangsa dan Negara

Cucu Bung Karno itu mengingatkan bahwa bangsa Indonesia, terdiri dari ribuan pulau, suku, dan budaya berbeda-beda sehingga harus tetap di jaga bersama.

"Keberagaman kita jaga. Pancasila kita implementasikan dalam kehidupan kita," kata Puan bersemangat.

BACA JUGA: Penjelasan Puan Maharani tentang Rencana Rekrut Orang Asing jadi Rektor PTN

Puan kemudian mencari mahasiswa asal Papua yang memilih kuliah di Undip. Mahasiswi Papua yang ditunjuk Puan diajak naik ke atas panggung acara.

Nama mahasiswi itu Antonietta alias Anet asal Manokwari. Gadis itu memilih jurusan teknik di Undip. Dia mengutamakan jurusan Teknik Perencanaan Tata Kota.

"Saya ingin belajar teknik tata kota sehingga bisa membangun tanah kelahiran saya di Papua," ujar mahasiswi hitam manis itu.

BACA JUGA : Penjelasan Puan Maharani tentang Rencana Rekrut Orang Asing jadi Rektor PTN

Mba Puan yang mendengar jawaban itu tercengang. Tak sangka anak Papua itu punya cita-cita yang luar biasa dan memilih jurusan yang termasuk sulit dipilih mahasiswa baru.

"Ini adalah calon perempuan hebat punya kemampuan dan mimpi untuk membangun Papua. Sudah menyiapkan masa depannya," seru Mba Puan.

Dia juga meminta Anet menyanyi di atas panggung. Tak lama kemudian, Puan memberi kejutan hadiah gitar untuk Anet yang langsung disambut gadis itu dengan suka cita.

Ribuan mahasiswa mahasiswi baru Undip pun riuh berteriak meminta dipanggil putri Megawati Soekarnoputri tersebut agar bisa mendapat hadiah.

Puan kemudian memanggil empat anak lainnya dari Kalimantan Utara, Ambon, Sumatera Selatan, Medan.

Para muda mudi itu mendapat hadiah tablet dari Puan karena antusias bernyanyi dan menceritakan cita-cita mereka di atas panggung.

"Sekolah sungguh-sungguh hingga selesai, kembali ke daerah dan bangun daerah kalian masing-masing dengan pengetahuan yang kalian dapat di Undip," tegas Puan.

Sebagaimana diketahui ODM 2019 adalah kegiatan tahunan dari Universitas Diponegoro untuk mahasiswa barunya sebelum menjalani masa perkuliahan.

Selain Puan, turut hadir pula Rektor Undip Yos Johan Utama, Ketua Ikatan Alumni Undip Maryono, Wali Kota Semarang Sumarmo Hadi Saputro dan Kepala Kanwil Kementerian Pertahanan Jawa Tengah Marsma TNI Latief Ainul Yaqin. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disebut Bakal Pimpin DPR dan Jadi Caketum PDIP, Cucu Bung Karno Bilang Begini


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler