Mahfud: Kasus Hambalang Lebih Gampang Dibuktikan

Jumat, 23 November 2012 – 18:18 WIB
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai pengungkapan kasus korupsi proyek Hambalang lebih gampang dibuktikan daripada kasus bail out Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Alasannya, bukti-bukti dugaan penyimpangan pada Pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang di Bogor, Jawa Barat itu sudah terungkap dalam audit investigasi yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Mahfud mencontohkan pembelian tanah proyek pembangunan sarana olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dianggap bermasalah. “Itu kan sudah jelas proses pembelian tanahnya tidak benar. Jadi yang lebih gampang dibuktikan itu Hambalang, karena kerugian negaranya juga sudah bisa ditentukan oleh BPK," ujarnya di Jakarta, Jumat (23/11).

Contoh lain kata mantan menteri pertahanan era Gusdur itu adalah  masalah anggaran pembangunan. Menurutnya, dari bukti-bukti yang ada juga sangat jelas terlihat kenaikan anggaran terjadi tanpa melalui prosedur. “Jadi itu paling gampang menurut saya. Karena selain soal pembelian tanah, gedungnya juga mangkrak. Anggarannya naik tanpa prosedur,” ujarnya.

Sementara untuk kasus Century, Mahfud menilai akan jauh lebih sulit. Karena menurut hukum perundang-undangan yang berlaku, pembuat kebijakan hanya bisa dipidana jika terbukti dalam mengambil sebuah kebijakan ada kesengajaan unsur pidana yang dilakukan. “Jadi mengapa cukup sulit, karena Century itu kasusnya kebijakan,” ujarnya.(gir/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 26 Juli Hari Puisi Indonesia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler