Mahfud Minta KPK Jaga Kepercayaan Masyarakat

Jumat, 13 Mei 2016 – 18:17 WIB
Mahfud MD. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjaga kepercayaan masyarakat. Sebab, kata Mahfud, saat ini hanya KPK satu-satunya lembaga penegak hukum yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat secara signifikan.

Menurut Mahfud, perbaikan-perbaikan dunia peradilan harus didorong menuju arah yang lebih baik.

BACA JUGA: Ini Saran Ketua MPR Soal Konflik Air di Bumiaji

“KPK masih dapat kepercayaan tinggi dari masyarakat dan menaikkan indeks persepsi korupsi kita di dunia internasional. Itu yang pokok,” kata Mahfud usai bertemu pimpinan dan pegawai KPK, Jumat (13/5).

Selain memberikan masukan, Mahfud juga bercerita tentang data-data pemberantasan korupsi.

BACA JUGA: Alhamdulillah, 4 ABK TB Henry Dinyatakan Sehat

“Lalu saya berdialog dengan pimpinan (KPK),” katanya.

Salah satu hal yang disinggung dalam pertemuan itu ialah terkait pernyataan Wakil Ketua KPK Thony Saut Situmorang.

BACA JUGA: 4 WNI yang Dibebaskan Abu Sayyaf Dinyatakan...

Pada intinya, Mahfud menjelaskan persoalan ini masih beproses. Permintaan maaf yang sudah disampaikan Saut juga dihargai. Sikap HMI dan KAHMI yang mempolisikan Saut juga tidak bisa diintervensi. Bahkan, soal keputusan Rakernas KAHMI yang menuntut Saut meminta maaf di media massa lima hari berturut-turut tidak bisa dibatakan sepihak.

“Saat Rakernas KAHMI saya lagi di Mekah. Karena  itu putusan rakernas, kan  tidak bisa dibatalkan sepihak. Makanya itu yang saya bilang sedang berproses," kata Ketua Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI), itu.

Sekretaris Jenderal Wadah Pegawai KPK Aulia Postiera mengatakan, hari ini WP  secara khusus memang mengundang Mahfud untuk silahturahmi dan memberikan wejangan kepada pengurus yang baru. "Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh pimpinan KPK termasuk pak Saut," katanya.

Secara umum Mahfud menyampaikan pandangan dan masukan yang baik untuk upaya pemberantasan korupsi ke depannya. Dalam pertemuan tersebut sedikit disinggung mengenai isu yang berkembang akhir-akhir ini.

“Pak Mahfud hanya menyampaikan agar KPK tetap menjaga komunikasi publik yang baik kepada masyarakat,” ujarnya. 

Menurut dia, tidak ada kesepakatan khusus yang dibicarakan. Hanya pernyataan komitmen yang sama untuk tetap mendukung KPK. “Dan KPK  diharapkan semakin profesional sehingga semakin optimal dalam upaya pemberantasan korupsi,” katanya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kata Mahfud MD Soal Pernyataan Saut Situmorang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler