Mak Ganjar Banten Gandeng Nakes Gelar Penyuluhan Kanker Serviks

Sabtu, 04 Maret 2023 – 23:51 WIB
Mak Ganjar Banten saat melakukan penyuluhan bahaya kanker serviks. dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, TANGERANG - Edukasi mengenai pencegahan, deteksi dini, dan penanggulangan kanker serviks bagi perempuan penting untuk dilakukan. Pasalnya, setiap kaum hawa berisiko terkena penyakit tersebut.

Sukarelawan Mak Ganjar Wilayah Banten pun menginisiasi penyuluhan kanker serviks bekerja sama dengan tenaga kesehatan untuk ibu-ibu di wilayah Kel. Gerendeng, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (4/3).

BACA JUGA: Srikandi Ganjar Banten Gelar Turnamen Voli Bareng Tim Barakatak

"Penyuluhan kanker serviks yang sekarang ini pertama itu dijelaskan tentang pengertian kanker serviks, penyebab, serta gejala-gejala kanker serviks," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Banten, Siti Hani dalam siaran persnya, Sabtu (4/2).

Sementara, merujuk pada data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2020, ada sebanyak 36.633 kasus baru kanker serviks menjangkit perempuan Indonesia.

BACA JUGA: Istri Ganjar Pranowo Siti Atikoh jadi Peserta Tokyo Marathon 2023, Nostalgia

Oleh karena itu, melalui penyuluhan mak-mak pendukung Ganjar Pranowo ini ingin agar perempuan melek terhadap kesehatan diri, dan alat reproduksi.

Menurut Hani, kunci dari pencegahan dan pengendalian kanker serviks adalah mengurangi gaya hidup tak sehat, sehingga angka kanker serviks di Indonesia bisa ditekan.

BACA JUGA: Orang Muda Ganjar DIY Gelar Bakti Sosial Untuk Memajukan Desa

"Tujuan kegiatannya supaya mak-mak lebih sehat dan sadar diri. Karena reproduksi perempuan itu sangat penting sekali," ujar Hani.

Selain itu, Mak Ganjar Banten turut mengajak ibu-ibu melakukan senam bersama dan skrining penyakit tidak menular (ptm) seperti tensi, gula darah, kolesterol, hingga asam urat.

Yani (42) salah satu ibu-ibu Kel. Gerendeng mengaku kehadiran Mak Ganjar Banten membawa banyak manfaat untuk kalangan perempuan, salah satunya untuk lebih peduli terhadap kesehatan.

"Asik dan bermanfaat, ini ada penyuluhan kesehatan juga selain senam sehat dan penyuluhan dari ibu bidan mengenai kanker serviks," ungkap Yani. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mak Ganjar Sosialisasikan Program BERDIKARI kepada Ibu-Ibu di Bogor


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler