Makan Ikan Kembung Bisa Meningkatkan Imunitas Pascavaksinasi? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Minggu, 11 Juli 2021 – 17:16 WIB
Vaksinasi massal di Gelora 10 Nopember Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com - Antusiasme masyarakat ikut program vaksinasi terus meningkat. Menurut dr Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK, agar vaksinasi efektif, masyarakat sebaiknya mengonsumsi makanan yang bisa membantu pertumbuhan sel imunitas adaptif.

Sel imunitas adaptif atau sel B dan T inilah yang akan mengenali virus Covid-19 ketika menyerang tubuh seseorang.

BACA JUGA: Perkuat Imunitas dengan Rajin Mengonsumsi Kolagen

"Kalau divaksin kita mengharapkan sel B dan T tadi terbentuk mengenali virus Covid-19 supaya ketika terserang virus Covid-19 ada tentara yang berperang," kata dr Christopher dalam kanal lifestyleOne di YouTube, Jumat (9/7).

Dia menjelaskan, untuk merangsang pertumbuhan sel-sel imunitas adaptif harus ditunjang dengan makanan bergizi. Tidak perlu mahal kata dr Christopher, yang penting mengandung gizi seimbang.

BACA JUGA: Meski Sudah Divaksin, Imunitas Tubuh Tetap Harus Dijaga

Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi masyarakat setelah divaksin, Dokter Christopher yang spesialis gizi klinik ini memaparkannya sebagai berikut:

1. Makanan mengandung protein.

BACA JUGA: Kapolda Sulbar: Imunitas Tubuh Saya Meningkat Setelah Divaksin

Protein bisa diperoleh dari tempe, tahu, telur, ayam, ikan, kacang merah, kacang hijau. Namun, dr Christopher mengingatkan, cara mengolahnya jangan digoreng. Lebih disarankan dibacem, pepes, bakar, tumis.

"Bisa digoreng tetapi cukup satu porsi dalam sehari," ujarnya.

2. Karbohidrat.

Sebaiknya pilih karbohidrat yang kompleks seperti buah, sayur, nasi merah, roti gandum, kentang. Disebut kompleks karena tidak mudah dicerna dan tidak membuat gula darah kita cepat naik. 

"Karbohidrat simpleks seperti gula pasir, sirop, susu kental manis tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena akan memicu obesitas, diabetes, dan menghambat pertumbuhan sel B dan T," terangnya.

3. Lemak yang tidak jenuh.

Dokter Christopher mengungkapkan, untuk mendapatkan konsumsi lemak tidak jenuh atau disebut lemak baik bisa dengan konsumsi ikan kembung. Menurut dia, ikan kembung mengandung lemak baik dan mendukung pertumbuhan sel imunitas.

4. Sayuran.

Konsumsi sayuran sangat baik karena mengandung serat tinggi. Sayuran juga sangat disukai sel imunitas. Pengolahannya kata dr Christopher dibening, dibuat sup sayur, direbus. Sebaiknya kurangi pengolahan dengan santan. (esy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler