Makanan Ini Bisa Meningkatkan Energi Anda

Minggu, 25 Maret 2018 – 20:59 WIB
Nasi putih. Ilustrasi. Foto:Wikimedia

jpnn.com, JAKARTA - Jika Anda telah melakukan rutinitas sepanjang hari, maka energi tubuh secara perlahan akan menipis dan membutuhkan dorongan untuk kembali stamina.

Ternyata, ada makanan tertentu yang telah terbukti bisa membantu mengembalikan energi tubuh Anda.

BACA JUGA: Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Menyantap Sereal yang Benar

Mau tahu jenis makanan itu apa saja? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman India Times.

1. Beras dan roti putih

Biji-bijian olahan, seperti roti tawar, pasta dan nasi bisa menyebabkan kenaikan kadar gula dan insulin secara dramatis, sebelum menyebabkan penurunan tingkat energi Anda.

Biji-bijian olahan, tidak seperti biji-bijian utuh, dilucuti dari lapisan luarnya yang mengandung sebagian besar serat, yang menyebabkannya menyerap waktu lebih cepat daripada biji-bijian utuh.

Solusinya: Konsumsi biji-bijian utuh, sebagai gantinya, yang memberikan energi dalam jumlah mantap sepanjang hari dan tingkatkan kadar gula darah Anda tidak turun.

2. Makanan dengan gula tambahan, seperti sereal

Sarapan sereal mungkin memperbaiki energi Anda di pagi hari, namun kebanyakan dari mereka gagal mempertahankan dorongan energi.

Itu karena 50 persen karbohidrat yang ditemukan di sarapan populer terdiri dari gula. Tambahkan ke konten serat rendah, yang bisa menyebabkan kenaikan tingkat energi.

Solusinya: Carilah varian sereal yang tidak mengandung gula tambahan dan juga batasi konsumsi makanan kemasan seperti yoghurt, jus, cookies, muffin, teh dan kopi sarat gula, serta granola bars.

3. Gorengan dan fast food

Sebagian besar makanan tinggi lemak dan serat rendah merupakan penghilang energi utama, karena cenderung memperlambat kapasitas pencernaan Anda.

Pencernaan lambat mengurangi kecepatan di mana tubuh Anda menyerap nutrisi juga kekurangan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang membantu menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

Kelebihan makanan berlemak bisa membuat Anda merasa terlalu kenyang sehingga menyebabkan penurunan tingkat energi Anda selama beberapa jam berikutnya.

Solusinya: Jika Anda ingin makan makanan berlemak atau digoreng, kurangi dalam jumlah yang sangat rendah untuk mengimbangi efek buruknya dan kurangi frekuensi yang Anda lakukan sampai minimum.

4. Minuman berenergi

Benar saja, jika Anda sedang dalam keadaan panas berkeringat atau mencoba belajar sepanjang malam untuk ujian yang Anda butuhkan untuk ace, minuman energi bisa memberi Anda tendangan awal atau dorongan konsentrasi.

Tapi jumlah gula yang ditambahkan ke masing-masing kaleng (10 sendok teh atau 52 gram) menyebabkan lonjakan energi Anda dan kemudian menyebabkan penurunan dramatis di dalamnya.

Solusinya: Sebaiknya Anda memiliki sedikit gula atau bahkan air yang bisa menyengat ke sistem Anda karena dehidrasi sering menjadi salah satu alasan mengapa kita mengalami penurunan tingkat energi.

5. Makanan rendah kalori

Mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang seharusnya Anda makan bisa meningkatkan keinginan Anda untuk menikmati lebih banyak makanan berikutnya.

Solusinya: Tetap makan makanan utuh seperti telur utuh, susu full fat dan yoghurt.

Tidak hanya akan membuat Anda kenyang lebih lama, namun juga akan mengurangi keinginan Anda untuk menikmati makanan lainnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler