Makanan Ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Jumat, 14 April 2017 – 06:59 WIB
Kanker payudara. Foto: AMDC

jpnn.com - KANKER payudara adalah jenis kanker yang bermula dari jaringan payudara. Penyakit ini paling umum diderita kaum wanita.

Pada sebagian kasus, faktor genetik diyakini memegang peranan yang kuat.

BACA JUGA: Usia Makin Bertambah, Payudara Alami 6 Perubahan ini

Namun, tidak sedikit kasus kanker payudara dihubungkan dengan faktor gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk mencegah kanker payudara, ataupun untuk melawan penyebaran kanker payudara, seperti dilansir laman MSN:

1. Jamur

Makan satu porsi jamur sehari bisa membantu melindungi Anda dari kanker payudara. Itu menurut sebuah studi yang dipresentasikan dalam International Journal of Cancer.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 2.000 wanita Tiongkok ini menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi 10 gram jamur segar setiap hari adalah dua-pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara.

2. Fiber-rich beans

Menurut peneliti Harvard, untuk setiap 10 gram serat yang dikonsumsi setiap hari, risiko kanker payudara wanita menurun sekitar tujuh persen.

Para peneliti berspekulasi serat membantu mengurangi kadar estrogen yang tinggi dalam darah yang sangat terkait dengan perkembangan kanker payudara.

3. Kenari

Kenari mengandung molekul kolesterol seperti yang disebut pitosterol yang bisa membantu mengatur kadar estrogen pada pria dan wanita. Kenari bahkan memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dengan menghalangi reseptor estrogen.

4. Tomat

Tomat yang dimasak bisa membantu mengurangi risiko perempuan terkena kanker payudara. Temuan terbaru yang dilaporkan dalam Journal of National Cancer Institute pada 2012 menemukan bahwa antioksidan karotenoid dan likopen yang terkandung dalam tomat sangat efektif untuk membantu mengobati kanker payudara.

5. Ubi Jalar

Seperti tomat, ubi jalar juga kaya akan karotenoid dan beta-karoten. Journal of studi National Cancer Institute menemukan bahwa wanita dengan tingkat tertinggi beta-karoten dalam darah mereka adalah 17 persen lebih rendah terkena jenis tertentu dari kanker payudara.

Teorinya adalah bahwa karotenoid mengandung senyawa yang membantu mengatur pertumbuhan sel, pertahanan dan perbaikan.

6. Delima

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Prevention Research, asam ellagic dalam buah delima bisa membantu melindungi terhadap kanker payudara dengan menekan produksi estrogen dan mencegah pertumbuhan sel kanker.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler