Makin Akrab dengan Rusia, Turki Pertimbangkan Beli Jet Tempur Sukhoi

Rabu, 28 Agustus 2019 – 21:50 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di pameran dirgantara MAKS 2019 Zhukovsky, di luar Moskow, Russia. Foto: Antara/Reuters

jpnn.com - Turki kembali berpaling ke Rusia untuk memperkuat militernya. Setelah sistem antimisil S-400, kini Turki berencana membeli dua pesawat tempur andalan Rusia, Sukhoi Su-57 dan Su-35.

Rusia mulai mengirim sistem peluru kendali S-400 ke Turki tahun ini. Gara-gara pembelian sistem itu, hubungan Turki dengan sekutu-sekutu Ankara di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) menjadi renggang.

BACA JUGA: Temui Putin, Erdogan Ancam Buka Front Baru di Suriah

Karena langkah itu pula, Washington terdorong mulai menyingkirkan Turki dari program manufaktur F-35.

BACA JUGA: Rusia Segera Kirim Senjata Pesanan Turki, Amerika Gigit Jari

BACA JUGA: Presiden Erdogan: Brother Widodo Mengingatkan Saya

Pimpinan Dinas Kerja Sama Teknis-Militer Rusia Dmitry Shugaev berencana membahas kemungkinan pengiriman Su-35 atau Su-57 hari ini, Rabu (28/8).

"Kelihatannya (Turki) sangat tertarik, tetapi masih terlalu dini membicarakan soal negosiasi kontrak. Selain itu, belum ada pengajuan dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu," kata dia.

BACA JUGA: Iran Pamerkan Senjata Antirudal Buatan Dalam Negeri, Kemampuannya Setara Milik Rusia

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Selasa (27/8) mengatakan Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia. Dia sudah membahas hal itu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. (ant/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uni Eropa Jadi Penghalang Rusia Kembali ke G7


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Turki   Rusia   Sukhoi  

Terpopuler