Maksimalkan Kurikulum Merdeka, Intan Pariwara Luncurkan Smart Book

Jumat, 02 Februari 2024 – 09:37 WIB
Peluncuran Smart Book di Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Intan Pariwara Group melalui PT Intan Pariwara Edukasi meluncurkan buku pelajaran modern pertama di Indonesia, Smart Book.

Peluncuran buku ini hadir dengan tujuan mendukung Kurikulum Merdeka yang dianjurkan pemerintah sebagai salah satu metode ajar.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR Minta Penerapan Kurikulum Merdeka Nasional Dipersiapkan Secara Matang

Smart Book memadukan Kurikulum Merdeka dengan konten inovatif yang tidak hanya mendukung penguasaan materi, tetapi juga membentuk pelajar berwawasan global.

Buku pelajaran ini memiliki Keterampilan Abad 21, dengan memahami prinsip Sustainable Development Goals (SDGs). 

BACA JUGA: Kemendikbudristek Menunjuk Kelas Pintar sebagai Mitra Pembangunan Kurikulum Merdeka

CEO Intan Pariwara Group Herbet Ang mengungkapkan peluncuran Smart Book ini bagian dari bentuk komitmen pihaknya menyiapkan generasi muda Indonesia Emas 2045 yang unggul.

Buku pelajaran modern ini berupaya menyediakan fasilitas infrastruktur pendidikan terbaik untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang makin kompleks. 

Dia menjelaskan Smart Book menggabungkan kurikulum dengan konsep pembelajaran yang menyenangkan.

Caranya, memberikan penyajian materi yang mudah dipahami, dukungan konten-konten multimedia seperti video, audio, hingga permainan interaktif. 

"Buku ini juga terkoneksi dengan platform pembelajaran modern Jelajah Ilmu. Kami berharap inisiatif ini dapat memperluas cakrawala dan menetapkan standar baru bagi buku pelajaran di Indonesia," kata Herbet Ang di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Peluncuran Smart Book dilaksanakan bertepatan dengan Seminar Nasional Pendidikan bertajuk ‘Pembelajaran Bermakna untuk Mendukung Penguasaan Keterampilan Abad Ke-21’ yang diselenggarakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. 

Seminar Nasional ini dihadiri pula oleh sederet pakar di bidang pendidikan, di antaranya Yogi Anggraena selaku Koordinator Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek RI, Richardus Eko Indrajit selaku Education Expert dan Purwosusilo selaku Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Yogi Anggraena selaku Koordinator Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek RI menyambut baik peluncuran Smart Book.

Menurutnya, partisipasi aktif dari seluruh elemen dalam ekosistem pendidikan, termasuk penerbit penting dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

"Inisiatif ini menjadi inspirasi bagi pihak-pihak lainnya untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas dan berwawasan global," tutur Yogi. (mcr31/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler