Maksimalkan Stok Pemain Belakang

Senin, 12 November 2012 – 07:49 WIB
Timnas latihan. Foto: Dok.JPNN/Charlie
JAKARTA-Menjelang laga uji coba menghadapi Timor Leste 14 November mendatang, TImnas fokus menyiapkan komposisi tim. Mereka menyiapkan pemain alternatif untuk mengantisipasi minimnya pemain di lini belakang.

Asisiten pelatih Fabio Oliveira menyebut saat ini timnya memang kerap disorot. Itu karena berkurangnya stok pemain belakang seiring  cederanya Hengki Ardiles dan absennya Diego Michiels dari latihan Karen masih ditahan setelah terlibat kasus hukum.

Namun, dia memastikan jika Timnya saat ini masih memliki stok pemain belakang yang cukup. Tapi, dengan tidak danya dua pemain inti di bek kanan dan kiri tersebut, tim pelatih mulai mencoba mengutak-atik alternatif pemain di posisi tersebut.

"Ada Novan (Setya), (Cornelius) Gedy, dan Nopendi. Juga ada Arthur (Irawan). Mereka bisa mengisi posisi  itu," katanya , kemarin  (11/11).

Kendati demikian, Fabio memastikan bahwa pola permainan Timnas tak akan bergeser dari formasi baku yang telah ditetapkan, 4-4-2. Namun, dia tidak mengelak jika formasi 3-5-2 digunakan karena stok pemain belakang TImnas minim.

Untuk mengantisipasi adanya pemain yang kembali cedera, Fabio menyebut akan ada pembicaraan dengan PSSI dan manajemen Timnas terkait kemungkinan pemanggilan pemain tambahan. Tapi, rencana itu masih menunggu hasil rapat yang besar kemungkinan digelar hari ini.

Dengan kondisi saat ini di lini belakang, Novan Setya kemungkinan bakal  ditempatkan di posisi kiri. Sementara, Nopendi akan ditempatkan di kanan, atau sebaliknya. Sebagai pelapis, ada Arthur Irawan, Gedy dan Valentino.

"Kami ingin mematangkan tim ini lawan Timor Leste. Terlepas dari ada tidaknya Diego," tegasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi tentang Samsidar yang telah meninggalkan TC Timnas, Fabio menyebut ada kemungkinan namanya masih bisa diganti. Itu karena AFF memiliki aturan bahwa dari tiga pemain yang didaftarkan, hanya dua pemain yang bisa dibawa. Tapi, jika ada cedera satu penjaga gawang yang telah didaftarkan bisa menggantikan.

"Nanti untuk posisi dia, karena hanya ada dua kami akan rapatkan juga di internal," ucapnya singkat. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jual Balotelli, Baru Beli

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler