Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit

Senin, 19 Oktober 2015 – 12:05 WIB
Kunyit. Foto: IST

jpnn.com - KITA tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya kunyit. Kunyit seringkali digunakan sebagai bumbu dapur. Namun sebenarnya rempah-rempah berwarna kuning oranye ini juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Ya, kunyit bisa kita gunakan dalam merawat keindahan dan kecantikan kulit. Apa saja manfaat dan khasiatnya? Ini dia rahasia kecantikan yang tersembunyi dalam kunyit, seperti dilansir laman India Times, Minggu (18/10).

BACA JUGA: Tips Jitu Meningkatkan Stamina saat Bekerja

1. Untuk jerawat

Siapkan masker wajah dengan kunyit, bubuk cendana dan air jeruk nipis. Terapkan diwajah selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air hangat

BACA JUGA: Tips Mengunakan Bahan Dapur Yang Bisa Melembutkan Tangan

2. Untuk menghilangkan bekas jerawat

Buat campuran kunyit dan air, oleskan pada wajah Anda selama 15 menit dan kemudian mencucinya dengan air hangat. Atau, campurkan dua sendok makan tepung, setengah sendok teh kunyit dan tiga sendok makan yogurt segar. Terapkan masker pada wajah Anda dan biarkan sampai kering sepenuhnya. Cuci wajah Anda menggunakan air dingin.

BACA JUGA: Untuk Senior, Gangguan Pendengaran Terkait Dengan Risiko Kematian

3. Untuk mengatasi keriput

Mengurangi keriput dan garis-garis halus dengan pasta yang terbuat dari kunyit, tepung beras, susu dan jus tomat. Oleskan pada wajah Anda selama 30 menit dan cuci masker wajah dengan air hangat.

4. Untuk memperlambat penuaan

Memperlambat penuaan dengan campuran bubuk kunyit dan susu atau yoghurt. Menerapkannya dalam gerakan melingkar pada wajah dan biarkan sampai kering dan kemudian dan mencucinya dengan air hangat.

5. Untuk membuat kulit Anda berwarna coklat

Siapkan campuran kunyit dan air jeruk nipis dan biarkan pada wajah selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Atau membuat pasta dari sejumput kunyit dan satu sendok makan susu bubuk dan dua sendok makan madu dan setengah jeruk nipis. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan sampai mengering. Bilas wajah Anda dan rasakan bedanya.

6. Untuk kulit bersinar

Campuran masker kunyit dan besan adalah salah satu masker wajah yang paling efektif untuk mencerahkan kulit Anda. Menggabungkan empat sendok besar, sekitar setengah sendok bubuk kunyit dan sedikit susu sampai membentuk pasta halus.

Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum Anda mencucinya. Menggunakan wajah pack ini setidaknya sekali seminggu untuk mendapatkan kulit bersinar.

Anda juga bisa mencoba ini. Campur setengah cangkir mentimun, satu sdm kunyit dan sdm jus lemon dalam mangkuk, campurkan semua bahan bersama-sama untuk membuat pasta halus. Oleskan ke wajah Anda selama 15 menit dan mencucinya dengan air.

7. Untuk jerawat

Ambil satu sendok kunyit dan campur dengan madu dan beberapa tetes jus lemon. Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Kemudian cuci dengan air dingin segera untuk mengurangi ukuran pori-pori Anda.

8. Untuk pelembab

Campur dua sendok makan bubuk kunyit dengan madu dan tambahkan air mawar untuk campuran ini. Oleskan pada area wajah dan leher.

9. Untuk pencerah kulit

Hancurkan pepaya dan tambahkan satu sdm madu dan satu sdm kunyit. Campur semua bahan dan terapkan pada wajah Anda selama 20 menit dan cuci dengan air hangat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Ringan Sebelum Tidur yang Membantu Anda Membakar Lemak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler