Manfaat Mikrodermabrasi pada Wajah

Sabtu, 17 Februari 2018 – 04:47 WIB
Ilustrasi facial. Foto: fashionworldstudio

jpnn.com - Mikrodermabrasi merupakan suatu metode peremajaan kulit, dan salah satu treatment terpopuler di dunia kecantikan.

Metode ini memberikan hasil yang cukup memuaskan karena bisa membarui tampilan kulit dengan membuatnya lebih cerah dan bercahaya, terutama jika dilakukan secara rutin.

BACA JUGA: 7 Kiat Agar Kulit Wajah Bersinar di Hari Valentine

Mikrodermabrasi berfungsi sebagai eksfoliator, dengan menyemprotkan microcrystal ke permukaan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, prosedur ini juga bisa membarui produksi sel-sel baru serta kolagen di bawah kulit.

Metode peremajaan kulit ini bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

BACA JUGA: 3 langkah Mudah atasi Wajah Kusam di Usia 30

1. Mencerahkan kulit wajah.

Sel-sel kulit mati merupakan cikal-bakal kulit kusam. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan mikrodermabrasi secara rutin, karena metode tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati, yang nantinya akan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.

BACA JUGA: Apa Kaitan Wajah dengan Kesehatan Anda?

2. Membuat kulit wajah lebih halus.

Memiliki wajah yang halus bisa diperoleh dengan rutin mengangkat sel-sel kulit mati. Istilah mikrodermabrasi mirip seperti ‘mengampelas’ kulit wajah. Ini berarti mikrodermabrasi bisa membuat wajah Anda semakin halus dan bersinar.

3. Menyamarkan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit yang lebih gelap daripada kulit sehat di sekitarnya. Dengan rutin melakukan mikrodermabrasi, hiperpigmentasi misalnya akibat bekas jerawat bisa tersamarkan.

Kelebihan mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi menjadi suatu metode peremajaan kulit wajah yang populer karena memiliki kelebihan-kelebihan berikut ini:

1. Aman

Mikrodermabrasi bukan merupakan tindakan invasif, sehingga aman untuk dilakukan. Efek samping dari metode ini pun tergolong sangat minimal.

Dibandingkan dengan metode peremajaan kulit lain yang kadang menimbulkan iritasi, mikrodermabrasi tidak membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Artinya, tidak ada efek samping seperti kemerahan dan nyeri setelah prosedur ini dilakukan.

2. Cepat dan mudah.

Prosedur mikrodermabrasi tidak memakan waktu lama dalam pengerjaannya. Metode ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Prosedurnya pun sangat simpel dan mudah.

3. Lebih murah.

Dibandingkan treatment lainnya seperti laser, mikrodermabrasi memang lebih murah dari segi harga.

4. Tidak nyeri.

Karena tergolong sebagai prosedur non-invasif, mikrodermabrasi tidak menimbulkan rasa nyeri yang tinggi alias hanya sedikit. Oleh karena itu, metode ini tidak memerlukan anestesi lokal saat pengerjaannya.

5. Efektif.

Meski murah, mudah, cepat, dan non-invasif, mikrodermabrasi memiliki efektivitas yang cukup tinggi. Pasien yang menjalani terapi ini umumnya puas akan hasil yang didapat.

Mikrodermabrasi memang terbukti aman, mudah, dan simpel. Namun tindakan ini tetap harus dilakukan oleh mereka yang sudah ahli atau kompeten, yaitu dokter spesialis kulit.

Jadi, jika Anda menginginkan kulit yang lebih cerah, halus dan lebih terawat, mikrodermabrasi bisa menjadi jalan keluarnya.

Namun sebelum itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit, agar efektivitiasnya benar-benar optimal. (NB/ RVS/klikdokter)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Mencuci Muka 2 Kali Sehari


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler