Manfaat Probiotik yang Tidak Pernah Anda Duga

Rabu, 21 Februari 2018 – 22:18 WIB
Probiotik. Foto: wecare

jpnn.com, JAKARTA - Berbeda dengan bakteri sebagai penyebab penyakit, probiotik adalah bakteri atau jamur yang bisa mendukung sistem pencernaan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebenarnya tubuh manusia dipenuhi beragam jenis bakteri, yang baik dan yang buruk.

BACA JUGA: 5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kelelahan

Probiotik bisa memberi manfaat bagi tubuh dengan cara memicu pertumbuhan bakteri baik baru yang hilang dalam tubuh karena pengobatan antibiotik.

Probiotik juga membantu menekan bakteri buruk dalam pencernaan yang bisa menimbulkan gangguan serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan buruk.

BACA JUGA: Masih Ragu Manfaat Vitamin C? Baca dulu ini

Berikut ini beberapa manfaat probiotik yang tidak pernah Anda duga, seperti dilansir laman Sheknows, Selasa (20/2).

1. Untuk penggunaan obat

BACA JUGA: Konsumsi Produk Makanan Olahan Picu Kanker?

Beberapa obat, seperti antibiotik, bekerja dengan membunuh bakteri. Masalahnya adalah mereka tidak bisa membedakan antara bakteri baik dan buruk.

Ini berarti obat tertentu bisa mengurangi bakteri baik di usus Anda, membuang mikroba Anda dan membiarkan bakteri yang tidak diinginkan menjadi terlalu tinggi.

Probiotik berguna untuk memulihkan keseimbangan mikroba sehat, asalkan dirumuskan pada penelitian klinis yang menunjukkan manfaatnya.

2. Untuk kesehatan pencernaan

Gas, kembung atau gangguan kebiasaan buang air besar sehari-hari Anda adalah tanda umum mikrobioma usus yang tidak seimbang.

Usus Anda menyerap nutrisi dari makanan, tetapi juga membentuk penghalang penting yang mencegah mikroorganisme yang tidak diinginkan, yang bisa berdampak pada kesehatan pencernaan.

Probiotik memainkan peran penting dalam menjaga integritas penghalang usus dengan mencegah bakteri jahat menjajah saluran pencernaan dan membantu produksi nutrisi penting seperti vitamin B12 dan vitamin K.

3. Untuk kesehatan kekebalan tubuh

Selama bulan-bulan musim dingin, perubahan cuaca dan lebih banyak waktu di dalam rumah bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih sulit bertahan.

Karena sekitar 70 persen sistem kekebalan tubuh Anda tinggal di usus Anda, probiotik sehari-hari - seperti HMF Super Powder bisa berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Agar tetap sehat di sekolah

Dalam uji coba klinis baru-baru ini, HMF Fit for School - probiotik kunyah untuk anak-anak mengandung empat strain probiotik dan vitamin C dan vitamin D yang berbeda secara signifikan mendukung kesehatan pernafasan atas pada anak-anak sekolah bila dibandingkan dengan plasebo.

5. Untuk kehamilan

Mikrobioma yang sehat sangat penting bagi seorang ibu dan bayinya.

Mengonsumsi probiotik selama kehamilan dengan persetujuan dokter, tentu saja tidak hanya bisa mendukung kesehatan pencernaan dan daerah kewanitaan wanita hamil, namun juga berkontribusi pada mikrobioma sehat pada bayi baru lahir.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Makanan Kekinian ini Baik untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler