Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Selasa, 30 Juni 2015 – 08:56 WIB
ilustrasi

jpnn.com - SEKARANG ini mulai banyak orang yang berminat untuk menekuni senam kegel baik itu wanita maupun pria.

"Senam kegel baik untuk mengurangi ejakulasi dini pada pria dan memperkuat otot-otot panggul pada wanita yang mengakibatkan klimaks lebih menyenangkan," kata konsultan Obstetri & Ginekologi, Dr. Aby K Koshy, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (29/6).

BACA JUGA: Rahasia Wanita yang Wajib Diketahui Pria

1. Apa itu pelvic floor?

Lantai panggul atau pelvic floor adalah lapisan otot dan fasia (lapisan tebal jaringan) di bagian bawah panggul. Kadang-kadang juga disebut sebagai diafragma panggul. Lantai panggul memainkan peran penting dalam dua masalah utama seorang wanita yakni prolaps dan inkontinensia.

BACA JUGA: Tambahkan Bahan Makanan ini Agar Susu Lebih Nikmat

Prolaps terbagi dari berbagai jenis. Prolaps organ panggul adalah suatu kondisi ketika rahim atau vagina wanita turun dari posisi normal. Prolaps rektum terjadi ketika dubur keluar dari bagian belakang (anus).

Inkontinensia adalah suatu kondisi ketika seorang wanita mengalami kebocoran urin saat mengedan, misalnya ketika dia batuk, tertawa atau bersin (inkontinensia urin) atau tidak bisa mengontrol buang air besarnya (inkontinensia feses).

BACA JUGA: Lebih Laris dari Kurma Nabi, Ini Bukan Sembarang Kurma

Kerusakan pada dasar panggul bisa menyebabkan masalah di atas. Kerusakan ini biasanya terjadi selama kehamilan dan kelahiran dan bisa lebih buruk setelah menopause ketika otot wanita menjadi semakin lemah. Penyebab lainnya operasi untuk dasar panggul.

2. Apa itu latihan kegel?

Latihan kegel awalnya diperkenalkan oleh Arnold Kegel Henry, seorang ginekolog Amerika pada tahun 1948. Latihan ini membantu memperkuat otot-otot dasar panggul.

Latihan kegel memperkuat otot Pubococcygeus (PC) atau otot panggul yang mendukung organ seksual. Otot PC yang kuat memainkan peran yang sangat penting dalam respon seksual baik pada pria maupun wanita. Kejang orgasme adalah hasil dari kontraksi involunter yang cepat dari otot-otot PC

3. Apa manfaat dari latihan/senam kegel?

Dengan meningkatkan kekuatan otot dasar panggul, senam kegel membantu mencegah dan mengobati prolaps organ panggul dan inkontinensia. Latihan kegel harus dimulai ketika seorang wanita hamil dan terus sepanjang hidupnya.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengapa Wanita Jarang Orgasme?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler