Manfaat Tak Terduga Minum Air Kelapa Sebelum Tidur, Wanita Pasti Suka

Sabtu, 18 Desember 2021 – 06:27 WIB
Minuman air kelapa. Foto : Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - KELAPA merupakan salah satu buah tropis yang telah lama dikonsumsi dalam berbagai cara.

Air kelapa selain diminum sebagai pelepas dahaga, juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

BACA JUGA: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Rambut, Ketombe Bisa Hilang

Air kelapa hijau bisa digunakan untuk mengatasi kram menstruasi, demam dan lainnya.

Namun, baru dalam beberapa tahun terakhir peneliti menemukan minum air kelapa di malam hari bisa menjadi bantuan tidur alami.

BACA JUGA: 5 Manfaat Sehat Tak Terduga Suka Bangun Tidur di Pagi Hari

Itu karena minum air kelapa sebelum tidur bisa langsung membantu Anda tidur karena adanya magnesium. Mengapa itu penting?

Suplementasi magnesium yang baik telah terbukti membantu meringankan gejala insomnia dan meningkatkan efisiensi tidur, waktu tidur, dan onset tidur.

BACA JUGA: 6 Khasiat Konsumsi Air Kelapa, Nomor 1 Bikin Wanita Senang

Magnesium juga telah terbukti mengurangi kecemasan, salah satu penyebab utama insomnia.

Air kelapa juga merupakan sumber yang kaya akan potasium. Itu penting karena kadar potasium yang rendah bisa menyebabkan gangguan tidur, sementara suplementasi dengan potasium telah terlihat meningkatkan konsolidasi tidur.

Namun satu peringatan, jika Anda memiliki masalah ginjal kronis, maka mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kalium tinggi mungkin tidak aman.

Minum air kelapa di malam hari bisa membantu kualitas dan onset tidur karena adanya magnesium dan potasium.

Keduanya telah terbukti memiliki efek positif pada kualitas tidur.

Minum air kelapa sebelum tidur juga memiliki manfaat lain. Itu karena minuman yang luar biasa ini juga anti-inflamasi dan memiliki antioksidan.

Menurut laman Theworldofsleep, keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan dan bahkan bisa membalikkan kerusakan yang terjadi pada tubuh Anda.

Sifat anti-inflamasi air kelapa telah dipelajari sebelumnya, dengan satu penelitian menyimpulkan air kelapa memiliki aktivitas anti-inflamasi yang signifikan.

Itu penting untuk dicatat karena banyak penyakit utama seperti radang sendi, diabetes, dan Alzheimer sering dikaitkan dengan peradangan kronis.

Oleh karena itu, memasukkan makanan dan minuman anti-inflamasi ke dalam makanan Anda seperti air kelapa atau kenari sangat mudah.

Air kelapa juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Itu penting karena antioksidan tampaknya memiliki efek langsung pada kualitas tidur, karena mereka mendukung sistem kekebalan dan membantu meningkatkan ketenangan di malam hari.

Makanan antioksidan juga membantu melindungi tubuh Anda dan bahkan bisa membalikkan kerusakan yang telah dilakukan oleh stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara molekul radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan yang kemudian menyebabkan penyakit dan kerusakan jaringan.

Akibatnya, bisa berkembangnya penyakit seperti kanker, diabetes, rheumatoid arthritis, dan banyak lainnya.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan minuman antioksidan seperti air kelapa atau anggur harus menjadi prioritas.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler