Mantan Ajak Balikan? 8 Pertanyaan Ini Perlu Kamu Tanyakan Sebelum Setuju Kembali

Senin, 14 Juni 2021 – 12:39 WIB
Bagaimana masing-masing kalian bisa berubah? , Foto: Getty Images/Metro.co.uk

jpnn.com - Tak sedikit orang yang akhirnya memilih kembali pada mantan kekasih setelah putus hubungan sebelumnya.

Sekarang, penting untuk dicatat bahwa setiap hubungan berbeda. Beberapa mantan pasangan mungkin menemukan kebahagiaan sejati dalam menghidupkan kembali romansa mereka setelah putus, tetapi ada juga yang  tak mungkin bersatu kembali.

BACA JUGA: 4 Posisi Liar di Ranjang yang Bisa Dicoba dengan Pasangan, Ternyata Enak!

Jika Anda mempertimbangkan untuk kembali dengan mantan pacar, ada beberapa pertanyaan penting yang perlu ditanyakan pada diri sendiri maupun si dia.

Seperti yang dilansir dari metro.co.uk silakan tanyakan ini pada diri Anda sendiri, lalu mantan. Perlukan mempertimbangkan untuk bersatu:

BACA JUGA: 7 Tanda Pasangan Belum Bisa Melupakan Mantan Kekasihnya

 

1. Mengapa Anda dan Pasangan Putus?

BACA JUGA: 4 Alasan Anda Begitu Susah Move On dari Mantan Kekasih

Sangat menggoda dan menyenangkan memang saat mengenang kembali hubungan masa lalu dengan mantan. Mengingat bagaimana Anda dan mantan pernah berciuman dan saling mencintai. Kemudian cara dia berusaha mendapatkan Anda dan menjadi kekasihnya.

Namun, Anda juga harus mengingat lagi, alasan hubungan penuh cinta itu akhirnya kandas. Apa alasannya?

Masalah apa yang menumpuk dari waktu ke waktu, dan apa titik puncaknya? Jangan sampai Anda tergoda mengenang momen indah tetapi lupa masalah yang pernah muncul hingga hubungan itu retak.

 

2. Apa yang terjadi di Waktu Sebelum Perpisahan dengan Mantan?

Persia Lawson, pelatih cinta dan penulis Love is Coming: How to Find Real Love In A Superficial World, sangat menyarankan untuk mengajukan pertanyaan ini.

Penting untuk melihat kembali saat Anda berpisah dan mencari tahu faktor lain apa yang berperan, di luar hubungan yang sebenarnya.

Mungkin Anda sedang berurusan dengan masalah kesehatan mental yang belum ditangani dengan benar, atau mereka berada dalam pekerjaan yang menyebabkan stres tingkat tinggi.

Lihatlah juga pihak lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan putusnya hubungan Anda. Orang-orang sekitar Anda dan pasangan.

 

3. Adakah Hal yang Berubah Setelah Putus? Masalah Terselesaikan?

'Jika Anda ingin menumpuk peluang yang menguntungkan, Anda perlu memasuki kembali hubungan dengan mata terbuka lebar dan kecerdasan, daripada hanya menyilangkan jari dan berharap yang terbaik," tutur Persia pada Metro.co. inggris.

Pastikan apa yang Anda dan mantan pasangan akan lakukan untuk membuat segalanya berjalan berbeda kali ini jika bersatu kembali.

Menurutnya, bisa dengan menjalani terapi, konseling pasangan. Apa pun masalah yang menyebabkan Anda putus terakhir kali, itu tidak bisa begitu saja disapu atau dianggap sebagai masa lalu. Harus diselesaikan dan diluruskan.

Apa yang telah Anda masing-masing lakukan untuk memastikan Anda tidak jatuh ke dalam pola hubungan tidak sehat yang sama seperti sebelumnya?

 

4Apa yang Anda inginkan untuk Masa Depan?

Persia bertanya, apakah Anda dan mantan ingin mewujudkan mimpi bersama untuk masa depan seperti  pernikahan, memiliki bayi dan membeli rumah?

'Apakah itu cocok? Jika Anda putus karena menginginkan hal yang berbeda dan masih menginginkan hal yang berbeda, percayalah, hubungan baru kali ini juga tidak akan berhasil.

 

5Apakah Anda sudah Cukup Menikmati Hidup?

"Anda perlu memiliki waktu untuk menikmati hidup di luar gelembung lama, untuk menumpahkan air mata dan penyesalan dan merangkul kemungkinan baru," kata Neil Wilkie, pakar hubungan, psikoterapis, dan pencipta The Relationship Paradigm.

Menurutnya, jika Anda tidak menikmati hidup setelah berpisah, maka hanya akan terus tinggal di masa lalu.

 

6Apakah Anda dan Mantan Bertanggung jawab Atas Apa yang Salah dalam Hubungan?

Selama ini banyak pasangan yang berpisah merasa jauh lebih menyenangkan untuk mengatakan bahwa itu semua salah mantan dan Anda sempurna dalam segala hal.

Namun, alangkah baiknya melihat kembali, apa yang harus diselesaikan dari dua orang yang pernah membuat kesalahan dalam hubungan. Bisa saja, kesalahan itu berasal dari Anda yang terlambat menyadarinya.

 

7 .Anda dan Mantan Siap Membuat Hubungan Kembali ini Berhasil?

'Sangat mudah untuk jatuh kembali ke pola lama, jadi buat komitmen satu sama lain untuk melakukan semua yang Anda berdua bisa untuk membuat semuanya berhasil," tutur Lily.

Menurut Lily, setidaknya jika hal-hal tidak berhasil, Anda berdua merasa telah mencoba yang terbaik untuk satu sama lain.

"Jika berhasil, Anda akan merasa lebih dihargai oleh pasangan Anda dan sebaliknya, karena Anda berdua telah berhasil melakukan upaya itu," sambungnya.

 

8. Apakah Anda akan baik-baik saja jika ini tidak berhasil?

Mungkin terdengar sedikit menyedihkan untuk mempertimbangkan hasil terburuk bahkan sebelum memulai kembali tetapi ini penting ditanyakan untuk kesehatan mental Anda sendiri.

Pastikan Anda berada di tempat di mana putus (lagi) tidak akan benar-benar menghancurkan.

Akui bahwa bahkan dengan semua pertanyaan yang diajukan dan dijawab, dan semua pekerjaan yang dilakukan, hubungan itu mungkin masih belum berhasil.

“Dalam pengalaman saya melatih ratusan wanita selama delapan tahun terakhir, saya belum pernah melihat dua mantan pasangan bersatu kembali – dan tetap bersatu kembali,” kata Persia.

Menurutnya, ini karena, ketika kegembiraan reuni mulai mereda (dan kenyataan kembali), semua alasan Anda putus di tempat pertama pasti muncul kembali dan Anda menemukan diri akan kembali di masa lalu.

Pikirkan kembali semua pertanyaan di atas sebelum Anda memutuskan kembali pada mantan pasangan. Selamat reuni dan menemukan cinta kembali! (mcr13/jpnn)


Redaktur & Reporter : Gigih Sergius Agasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler