Mardiono: KIB Solid, Guyub dan Rukun

Kamis, 27 April 2023 – 23:02 WIB
Elite partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bertemu di kediaman dinas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (27/4). Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu tidak bubar setelah partai berlambang Ka'bah itu mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Dia mengatakan itu setelah menjalin komunikasi dengan elite Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman rumah dinas Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Jakarta, Kamis (27/4). 

BACA JUGA: KIB Berkumpul di Rumah Dinas Airlangga, Partai Pendukung Ganjar Hadir

KIB ialah poros politik untuk kepentingan Pilpres 2024 yang dibentuk tiga partai yang bercokol di parlemen, yakni PPP, Golkar, dan PAN.

Selain Mardiono, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas turut hadir di lokasi. 

BACA JUGA: Golkar dan PPP Kompak: Koalisi Besar Harus Usung Internal KIB

Awalnya, Mardiono mengaku turut menyampaikan hasil keputusan rapimnas ketika hadir dalam pertemuan elite KIB soal dukungan PPP bagi Ganjar sebagai Capres 2024.

"Malam ini saya menyampaikan ke KIB," kata dia ditemui kediaman dinas Airlangga, Jakarta, Kamis (27/4). 

BACA JUGA: Ujang: KIB Pecah, PPP & PAN Dukung Ganjar, Golkar Sesuai Keinginan Jokowi

Sebab, kata Mardiono, hasil Rapimnas PPP lainnya mengamanatkan mantan Wantimpres itu berkomunikasi dengan KIB soal dukungan partai berkelir hijau kepada Ganjar. 

Namun, kata Mardiono, belum ada keputusan apa pun diambil KIB setelah PPP menyampaikan dukungan kepada Ganjar. 

"Mana kala dari apa yang dibawa dari masing-masing partai ini sama, ya, itulah yang menjadi keinginan kami dalam koalisi, tetapi kalau beda, ya, perlu didebatkan, perlu negosiasi begitu, ya, agar memiliki pandangan, gagasan, kemudian tujuan yang sama," ujar pria kelahiran Yogyakarta itu. 

Mardiono mengatakan PPP menghormati mekanisme internal di masing-masing parpol KIB dalam menentukan capres.

Dia kemudian menyanggah tuduhan beberapa pihak yang menyebut KIB bakal bubar setelah PPP mengumumkan Ganjar yang berstatus kader PDIP sebagai Capres 2024.

"Kalau ada orang mengatakan ini KIB bubar, enggak, enggak bubar, manakala nanti pilihannya sama, itu nanti jadi koalisi plus," ujar Mardiono. 

Sementara itu, Airlangga mengatakan KIB tetap rukun meskipun PPP telah menentukan sikap mendukung Ganjar sebagai capres.

"Kami tadi semua KIB pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun," kata Airlangga. 

Partai Golkar, kata dia, mengapresiasi hasil keputusan Rapimnas PPP menjadi bagian dari mekanisme internal partai bernomor 17 pada Pemilu 2023 itu. 

"KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing, jadi itu klir," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan soal status KIB yang tetap solid setelah PPP mengumumkan Ganjar sebagai capres. 

"Jadi, KIB solid, harmoni, kuat, dan tentu akan melanjutkan perbincangan-perbincangan," tutur Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler