Marsekal Fadjar Prasetyo: TNI AU Makin Modern dan Dicintai Rakyat

Sabtu, 09 April 2022 – 13:40 WIB
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, ketika mengecek pasukan upacara sesaat sebelum memulai Upacara HUT ke-76 TNI AU di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Sabtu (9/4/2022). ANTARA/Hery Sidik

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo mengatakan bahwa TNI AU tumbuh menjadi organisasi yang makin modern.

Selain itu, lanjut dia, TNI AU juga makin dicintai oleh rakyat. 

BACA JUGA: KKB Egianus Kogoya Menyerang Pos Marinir TNI AL dari 3 Arah

"Seiring dengan perjalanan bangsa, TNI AU telah tumbuh menjadi organisasi yang makin modern dan makin dicintai oleh rakyat," kata Fadjar dalam sambutannya saat menjadi inspektur upara peringatan HUT Ke-76 TNI AU di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Sabtu (9/4).

Bagi TNI AU, kata Fadjar, Yogyakarta merupakan tempat yang sangat istimewa. 

BACA JUGA: Mayjen TNI Denny Tuejeh: Selamat Datang Brigjen Luthfie Beta di Tanah Kelahirannya

Sebab, banyak sekali jejak sejarah dan kiprah TNI AU berasal dari kota budaya dan perjuangan itu. 

Pada masa damai, TNI AU senantiasa berpatroli udara menjaga kedaulatan bangsa di udara dengan seluruh aspeknya.

BACA JUGA: Jenderal Andika Berkomitmen Usut Dugaan Keterlibatan Oknum TNI di Kasus Satelit Kemhan

Kemudian, melaksanakan operasi militer selain perang di wilayah-wilayah terkena bencana alam. 

Tidak hanya itu, TNI AU juga mendukung penuh upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19, dan lain sebagainya. 

TNI AU juga melaksanakan amanat pembukaan UUD 1945, di antaranya menegakkan diplomasi Indonesia dari aspek militer, menjalankan peran dan falsafah bangsa di kancah dunia berupa prinsip nonblok, hingga mendukung misi perdamaian dunia, yang mana Indonesia terlibat aktif sebagai komponen di dalamnya. 

Fadjar mengatakan pencapaian itu tidak lain karena limpahan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus berkat pengabdian yang tulus dari seluruh personel dan keluarga besar TNI AU dari masa ke masa.

Oleh karena itu, Marsekal Fadjar mewakili TNI AU menyampaikan rasa hormat serta apresiasi tertinggi kepada para senior, dan pendahulu yang telah menjalankan pengabdian secara paripurna sehingga TNI AU dapat berkembang hingga kini.

Lebih lanjut Fadjar juga menggugah semangat dan rasa syukur atas kondisi bangsa Indonesia yang perlahan memulih dari ujian pandemi Covid-19.  

Seluruh keluarga besar TNI AU dapat kembali bersama mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 dengan tertib dan hikmat.

Dia mengajak peserta upacara untuk sekilas melihat kembali berbagai peristiwa dalam satu tahun terakhir.

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah mengakibatkan disrupsi sosial hingga ekonomi yang menyentuh ke hampir seluruh lapisan masyarakat.

"Indonesia masih berhadapan dengan berbagai bencana alam yang menguji keutuhan bangsa ini, seperti erupsi Gunung Semeru, banjir Jayapura dan gempa bumi di Pasaman Barat,” kata Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sementara, lanjut dia, dari sisi eksternal konflik antara Ukraina dan Rusia yang memengaruhi stabilitas global, sedikit banyak turut memberikan dampak terhadap stabilitas nasional.

Kendati demikian, bangsa harus bersyukur di tengah berbagai ujian bangsa ini, TNI AU mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid-19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, dan evakuasi WNI dari Ukraina. 

Upacara HUT ke-76 TNI AU yang dimeriahkan demo fly pass pesawat-pesawat Grob, tim aerobatik The Jupiters, T-50i Golden Eagle, dan F-16 Fighting Falcon, dan penampilan para kadet AAU itu hadiri tamu undangan keluarga besar TNI AU dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler