Martin Hansson, Wasit World Cup Kebal Polemik

Jumat, 19 Februari 2010 – 01:04 WIB
Foto : AP
KONTROVERSI sepertinya sangat familier bagi wasit Martin HanssonSebelum polemik keputusannya mengesahkan gol kedua FC Porto kemarin, wasit Swedia itu berkibar namanya sebagai pengadil lapangan second leg playoff Piala Dunia 2010 antara Prancis versus Republik Irlandia 18 November 2009.
      
Dalam laga di Stade de France itu, Hansson melakukan kesalahan kala mengesahkan gol William Gallas di babak tambahan waktu

BACA JUGA: PD 2010 Bakal Dongkrak PDB Afsel

Sebab, sebelum gol yang membuat skor 1-1 itu, Thierry Henry handsball saat memberikan assist kepada Gallas
Rekaman video dengan jelas memperlihatkan jika Henry mengubah arah bola dengan tangannya.
    
Hansson pun diserang seluruh Irlandia karena gol Gallas menggagalkan Irlandia lolos ke Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Striker Paraguay Ditembak Perampok

Hansson bahkan dikecam di negerinya atas keputusannya mengesahkan gol Gallas
Dasar Hansson, dia sangat kebal terhadap polemik

BACA JUGA: Afsel Waspadai Virus H1N1

"Itu bukan salah saya dan bukan kesalahan dalam prosedur pengadil lapangan," kata Hansson enteng kepada harian Swedia Sydostran kala itu.
    
Sebelum itu, Hansson pernah menguntungkan Liverpool di Liga Champions musim laluYakni dengan hadiah penalti pada menit kelima injury time (95?) saat menghadapi Atletico Madrid di fase grupPenalti yang berhasil dituntaskan Steven Gerrard itu menghindarkan Liverpool dari kekalahan alias memaksakan skor akhir 1-1.
    
Sementara itu, mantan kenamaan Inggris Graham Poll menyebut keputusan Hansson mengesahkan gol Porto sudah tepat"Secara teknis, tidak ada yang salah dengan gol itu karena kesempatan membuat pagar betis tidak perlu diatur khusus wasit sebagaimana free kick di luar kotak penalti,? tuturnya kepada Daily Mail
    
Poll tidak habis pikir kenapa Arsenal mempermasalahkan gol Porto ituPadahal, Arsenal pernah diuntungkan dengan free kick cepat saat bermain imbang 2-2 lawan Chelsea di Premier League pada Desember 2004Kala itu, Poll kebetulan menjadi wasitnyaLalu, siapa pencetak golnya? Thierry Henry. (dns/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jose Tinggalkan Black Antelopes


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler