Masa Aktif Kartu ATM BCA Habis? 4 Cara Ini Bisa Dilakukan Untuk Transaksi

Senin, 14 Februari 2022 – 09:09 WIB
Kartu ATM BCA yang sudah habis masa aktifnya. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Memiliki sebuah kartu debit atau kartu ATM sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi pembayaran, seperti tarik dan tunai, transfer, hingga berbagai pembayaran tagihan.

Secara operasional layanan perbankan tentunya sudah menyediakan kartu ATM, salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA).

BACA JUGA: Waspada! Begini Modus Penipuan Rekrutmen PT Pegadaian, Jangan Sampai Tertipu ya

Meski begitu, kartu ATM BCA (termasuk kartu ATM BCA Chip) ternyata memiliki masa berlaku atau expired date.

Masa berlaku kartu ATM BCA bisa dilihat di bagian depan kartu yang biasanya diawali dengan tulisan valid thru, kemudian angka yang menunjukan bulan dan tahun (mm/yy).

BACA JUGA: Hari Terakhir Tes Pramusim MotoGP Mandalika, Pembalap ini Catat Waktu Tercepat

Oleh sebab itu, jika masa berlaku kartu ATM sudah habis tentunya nasabah tidak bisa melakukan berbagai macam transaksi menggunakan kartu tersebut.

Namun, nasabah tidak perlu khawatir apabila kartu ATM BCA sudah melewati masa berlaku kartu.

BACA JUGA: Cara Mudah Pakai Mesin CS BCA, Ganti Kartu ATM Bisa dalam Hitungan Detik

Transaksi tetap bisa dilakukan dengan menggunakan kartu digital atau fitur-fitur yang ada di BCA mobile.

Dikutip dari laman bca.co.id, transaksi tetap dapat dilakukan, salah satunya menggunakan kartu digital atau fitur-fitur yang ada di BCA Mobile.

Berikut ini empat jenis transaksi meskipun kartu ATM BCA sudah expired:

1. Transaksi dengan fitur Cardless

Bagi nasabah BCA tentunya sudah sangat dimanjakan dengan layanan BCA Mobile, kalian bisa melakukan transkasi baik setor maupun tarik tunai menggunakan fitur Cardless, tanpa perlu menggunakan kartu.

Caranya mudah, buka menu "Cardless di BCA Mobile, pilih setor dan pilih rekening yang akan dituju kemudian input PIN M-BCA, dan dapatkn enam digit kode transaksi.

Selanjutnya, cari ATM setor tunai BCA terdekat, pilih transkasi transaksi tanpa kartu, masukan no HP BCA mobilemu dan 6 digit kode transaksi, setor uangnya di ATM, pastikan jumlah yang tertera sesuai, dan selesai.

Sementara itu, cara tarik tunai juga sama, buka menu Cardless di BCA mobile, pilih tarik, pilih rekening sumber dana, nominal yang akan ditarik.

Input PIN mBCA dan dapatkan 6 digit kode transaksi, cari ATM Tunai BCA terdekat, pilih transaksi tanpa kartu, masukan no HP BCA mobilemu dan 6 digit kode transaksi.

Tarik uangnya dari ATM, selesai.

2. Menggunakan teknologi QR

Sekarang ini baik pusat perbelanjaan maupun toko-toko sudah banyak yang menggunakan fitur QR, sehingga membayar belanjaan bisa menggunakan fitur tersebut dari BCA mobile di merchant yang bertanda QRIS.

3. Virtual Account BCA

Nasabah kini dapat melakukan transaksi pembayaran Virtual Account BCA dengan sistem konfirmasi instan.

Transaksi berhasil dilakukan secara otomatis ketika pembayaran sudah dilakukan.

4. OneKlik

Transaksi pembayaran online sangat mudah hanya melalui fitur OneKlik dengan sekali klik langsung di halaman aplikasi/website.

Layanan ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi online, mulai dari top up saldo e-commerce, e-wallet (GoPay, OVO, DANA, ShopeePay), hingga bayar belanja online langsung di aplikasi atau website merchant rekanan OneKlik.

Cara registrasi OneKlik Buka dan login app/web merchant kerja sama OneKlik.

Lalu ikuti langkah-langkah berikut, pilih menu daftar OneKlik / klik top up dan add OneKlik, lalu continue.

Setelah itu, masukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA, limit harian, pilih nomor handphone m-BCA, dan klik lanjut.

Lanjutkan aktivasi OneKlik melalui BCA mobile dengan klik push notifikasi atau ke menu “m-Admin” lalu pilih “Atur OneKlik” dan pilih tab “Aktivasi OneKlik”.

Input Kode Akses BCA mobile kalian.

Lakukan konfirmasi data registrasi akun serta syarat dan ketentuan OneKlik Input PIN m-BCA Registrasi OneKlik berhasil.(mcr28/jpnn)


Redaktur : Yessy
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler