Masih Banyak Yang Menunggak Gaji Pemain

Laporan Terbaru APPI

Rabu, 12 Desember 2012 – 06:59 WIB
JAKARTA - Nasib sepak bola Indonesia yang tak menentu juga diikuti semakin tidak jelasnya nasib pemain. Sampai saat ini, masih banyak klub yang menunggak gaji pemain meski kompetisi sudah lama selesai dan akan bergulir lagi.

Dalam rilis terbaru, Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) menyebutkan bahwa baik Indonesian Premier League (IPL) maupun Indonesia Super League (ISL) masih menyisakan tunggakan yang banyak terhadap pemain. CEO APPI Valentino Simanjuntak menjelaskan, data itu berasal dari laporan langsung pemain.

"Belum semua masuk. Ada beberapa pemain yang belum mengonfirmasi," ucapnya kemarin (11/12).

Meski mengetahui dan mendapat laporan dari banyak pemain, APPI tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya mengimbau dan menjelaskan hak pemain. Selanjutnya, APPI menunggu langkah pemain itu sendiri.

"Sebaiknya begitu (pemain membawa masalah gaji ini ke ranah hukum). Selama ini, pemain cenderung ingin menyelesaikan secara kekeluargaan," tutur dia.

Sementara itu, pemain Bontang FC Valentino Telaubun menuturkan bahwa dirinya sudah tidak sabar lagi mengejar janji manajemen. Pemain timnas tersebut sudah tujuh bulan tidak menerima gaji. "Kami akan mengambil langkah lain. Kami coba dulu dengan melapor ke BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia)," ucapnya.

Sayang, para pengelola kompetisi tidak merespons soal gaji itu. Baik CEO IPL maupun ISL enggan memberikan komentar. Sebelumnya, dua operator tersebut sepakat bahwa klub akan menyelesaikan tunggakan sebelum kompetisi musim depan diputar. (aam/c14/ko)
  
   Indonesia Super League (ISL):
   No.     Klub             Keterangan (Sisa Pembayaran)
   1. Sriwijaya FC        2 Bulan
   2. Persipura             Beres
   3. Mitra Kukar          Beres
   4. Persiram              Beres
   5. Persegres           Beres
   6. Pelita Jay            2 Bulan
   7. Persiba BPP        4 Bulan
   8. Persisam             Beres
   9. Persib                  Beres
   10. Persija               5 Bulan
   11. PSMS                 8 Bulan
   12. PSPS                 10 Bulan
   13. Persiwa             TBC
   14. Persidafon         9 Bulan + DP Full
   15. Deltras                6 Bulan
   16. Persela               7 Bulan
   17. Arema                6 Bulan
  
   Indonesian Premier League (IPL):
   No.     Tim                 Keterangan (Sisa Pembayaran)
   1. Semen Padang     Beres
   2. Persebaya           Beres
   3. Arema                  Beres
   4. Persiba Btl            Beres (Terminasi kontrak " Klub hanya membayar 2 Bulan + 20% dari total 5 bulan total tunggakan).
   5. Persema             Beres (Terminasi kontrak " Klub hanya membayar 2 bulan + 20% dari total 5 bulan total tunggakan). Kecuali, Bima Sakti, Irfan Bachdim, dan M. Kamri yang tidak mau menerima.
   6. Persija                  Beres (Terminasi kontrak " Klub hanya membayar 2 bulan + 20% dari total 6 bulan total tunggakan).
   7. PSM                      Beres (Terminasi kontrak " Klub hanya membayar 2 bulan + (+/-) 20% dari total 4 bulan tunggakan)
   8. Bontang FC           Sisa 6-7 bulan
   9. Persiraja               Beres (Terminasi kontrak " Klub hanya membayar 2 bulan + 20% dari total 5 bulan total tunggakan)
   Sumber: APPI
BACA ARTIKEL LAINNYA... Djohar Ingatkan Tim Task Force Jangan Tubruk UU

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler