Masih Bingung Bikin Proposal Kegiatan? Coba Cara Berikut

Selasa, 13 Juli 2021 – 14:02 WIB
Proposal kegiatan acara. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mendengar kata proposal mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Proposal identik dengan permohonan kepada instansi atau lembaga yang berkepentingan.

Disajikan dalam bentuk dokumen resmi yang berisi rancangan kerja yang hendak ditawarkan.

BACA JUGA: Dituding Berada Dalam Barisan Dokter Lois, Rina Nose Merespons Begini

Meski begitu, bukan perkara mudah membuat proposal, jika tidak lengkap, acara yang Anda ajukan bisa-bisa gagal hanya karena proposal yang tidak lengkap atau salah dalam membuatnya.

Berikut contoh proposal kegiatan, seperti dikutip dari laman majalahkartini.co.id.

BACA JUGA: Gandeng Dinas Kesehatan, Danone Indonesia Dukung Percepatan Vaksinasi Remaja

Apa itu Definisi Proposal?

Proposal berasal dari bahasa Inggris yakni Propose berarti sebuah lamaran, penawaran dan permohonan izin. Dengan demikian proposal merupakan sebuah rancangan kerja sistematis dan detail demi tercapainya persetujuan yang diharapkan.

Tujuan Proposal

Proposal yang diajukan memiliki tujuan untuk menemukan pendukung atau sponsor yang tepat. Baik berupa dana, barang-barang, maupun persetujuan terhadap kegiatan yang hendak dilaksanakan.

BACA JUGA: Soal Dokter Lois, Dokter Tirta: Sorry Banget nih, Saya Enggak Melaporkan

Kelancaran acara maupun kegiatan akan semakin meriah dengan beberapa dukungan dari pihak tertentu. Kemudian memiliki sejumlah jaminan perlindungan kegiatan dari otoritas yang ada.

Terdapat beberapa jenis proposal yang sering digunakan, di antaranya:

1. Proposal Penelitian

Biasanya dilakukan oleh kalangan akademik untuk memperoleh izin melakukan penelitian pada lembaga atau lokasi penelitian.

Proposal penelitian ini meliputi: proposal skripsi maupun tesis dan proposal pengembangan riset.

2. Proposal Proyek

Proposal ini berkaitan dengan dunia bisnis yang membahas tentang permohonan terhadap sebuah proyek. Baik berupa pengajuan pembangunan dan permohonan izin terhadap proyek tertentu. 

3. Proposal Usaha

Proposal ini menjadi kegiatan di bidang bisnis yang berisi rencana kerja. Kemudian memberikan gambaran usaha yang dikelola sehingga mampu menarik minat investor atau pengembang. Proposal ini terdiri dari proposal pendirian usaha, permohonan kerja sama dan permohonan dana usaha dari para investor.

4. Proposal Kegiatan

Proposal ini menjadi salah satu jenis permohonan yang sering dibuat. Biasanya memiliki tujuan untuk penyelenggaraan kegiatan tertentu. Proposal ini terdiri dari kegiatan pentas seni, perlombaan dan perayaan lembaga.

Sistematika Proposal

Dalam pembuatan proposal kegiatan dibutuhkan beberapa unsur tertentu supaya memberikan kesan yang sistematis. Selain itu pihak penerima proposal mampu memahami maksud dalam proposal itu sendiri. Sistematika yang diperlukan dalam sebuah proposal di antaranya:

1. Pendahuluan, terdiri dari:

Latar belakang merupakan alasan yang paling dasar sebagai tujuan dari proposal itu sendiri. Dijelaskan secara singkat dan langsung menuju pada pokok masalah. Latar belakang juga menjadi gambaran isi proposal dengan redaksi yang menarik.

Rumusan masalah, merupakan bagian penting untuk mengetahui rancangan dan masalah yang terjadi. Sama halnya dalam proses pengumpulan informasi, maka dibutuhkan sistem 5W dan 1H agar masalah yang ada dapat tertuang dengan sistematis dalam bentuk tanya jawab.

Maksud dan tujuan, merupakan keinginan yang hendak dicapai dalam kegiatan tersebut. Kemudian dilengkapi dengan beberapa tindakan yang diperlukan agar kegiatan tersebut bisa terlaksana.

Sasaran, merupakan sebuah langkah yang harus dilakukan sebagai upaya untuk meyakinkan pihak pembaca. Caranya dengan menjabarkan apa dampak yang diperoleh akibat pelaksanaan kegiatan tersebut, baik secara langsung maupun tidak.

2. Pembahasan, terdiri dari:

Teknik pelaksanaan merupakan bagian yang berisi tentang penjelasan kegiatan agar usaha untuk menangani masalah bisa terwujudkan. Tambahkan keterangan yang meyakinkan untuk menyelesaikan kegiatan dengan sukses dan selesai sesuai rencana.

Jadwal merupakan bagian yang menjelaskan keterangan waktu pelaksanaan. Akan lebih baik jika dipaparkan secara detail untuk memberikan kesan serius dan bertanggungjawab terhadap kegiatan tersebut.

Anggaran, proposal permohonan dana tentu akan melampirkan sejumlah daftar atau rincian biaya yang dibutuhkan. Agar kegiatan yang dilaksanakan bisa terlaksana dengan baik.

Susunan Kepanitiaan, proposal kegiatan maupun permohonan bisnis memerlukan orang-orang yang terpercaya. Dengan demikian perlu dilampirkan orang-orang yang terlibat secara langsung dalam kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban.

3. Penutup terdiri dari kesimpulan proposal yang disampaikan.

Tidak lupa harapan terbaik kepada pihak terkait untuk mampu memberikan dukungan yang sesuai. Pastikan untuk menyediakan kolom tanda tangan dari pihak penanggung jawab.

Contoh Proposal kegiatan

1. Kegiatan Pentas Seni

PROPOSAL

PENTAS SENI AKHIR SEMESTER SMAN 1 Kejora

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Seni menjadi ekspresi dan kreativitas yang bisa dikembangkan dalam sebuah pentas seni.

Kami OSIS SMAN 1 Kejora bermaksud mengadakan pentas kreasi siswa yang diikuti oleh perwakilan siswa dari setiap kelas. Hal ini diperlukan sebagai wadah ekspresi yang tepat untuk latihan dan hiburan menjelang liburan semester.

B. Tujuan

Tujuan kegiatan ini adalah:

1. Menjalin silaturahmi antar siswa SMAN 1 Kejora.

2. Mendorong kerja sama menuju tujuan yang satu.

3. Sarana hiburan dan mengasah kemampuan setiap peserta.

II. PEMBAHASAN

A. Teknik Pelaksanaan

Tema yang hendak digunakan pada acara ini adalah “To Be Rising Star” sebagai sarana hiburan dan pentas kreasi seni dari setiap siswa. Acara ini akan dilaksanakan di ruangan serbaguna SMAN 1 Kejora.

B. Jadwal

Pentas seni akan dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2022 pukul 13.00 WIB s/d selesai.

C. Anggaran

Terdiri dari dana yang diperlukan dan biaya pengeluaran.

D. Susunan Kepanitiaan

Terdiri dari penanggungjawab, ketua panitia, seksi acara sampai seluruh panitia yang bertugas harus dicantumkan namanya.

III. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan pentas seni SMAN 1 Kejora dan kiranya pihak sekolah dapat berpartisipasi dan memberikan dukungan terbaiknya. Terima kasih.

Contoh proposal kegiatan ini dapat dijadikan acuan untuk jenis proposal kegiatan lainnya.

Kemudian kolaborasikan kebutuhan dan tujuan acara yang hendak diselenggarakan. Tak terkecuali diperlukan kreativitas supaya proposal yang disampaikan mampu menarik pihak pendukung. Selamat mencoba.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler