Masinton Sebut Prabowo Follower Ganjar di Debat Capres, Begini Kalimatnya

Selasa, 09 Januari 2024 – 20:56 WIB
Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Masinton Pasaribu sebut Prabowo follower Ganjar di Debat Capres. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Masinton Pasaribu blak-blakan menyebut Capres RI nomor urut 02 Prabowo Subianto sebagai follower dari Ganjar Pranowo di Debat Capres putaran ketiga, Minggu (7/1/).

Hal itu disampaikan Masinton dalam acara Catatan Demokrasi bertema Debat Capres: Anies-Ganjar Ganas, Prabowo Panas? yang tayang secara live di YouTube TVOve, Selasa malam (9/1).

BACA JUGA: Diberi Skor 11 dari 100 oleh Anies, Prabowo: Emang Gue Pikirin

Masinton awalnya menuturkan bahwa perdebatan tentang tema pertahanan itu tidak ada rahasia negara yang dibahas.

"Kalau itu membahas tentang rahasia negara, maka tidak perlu ada tema pertahanan dibahas dalam debat capres. Semua itu hal yang umum," ucap Masinton dalam diskusi yang dihadiri Jubir TKN Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak dan beberapa narasumber lainnya.

BACA JUGA: Ganjar Tampil Mengesankan di Debat Ketiga, Siti Atikoh Bongkar Rahasianya

Menurut anggota DPR RI itu, dalam negara demokrasi modern, debat antarkandidat dibuat karena di situlah publik melihat performa dari seorang calon pemimpin.

"Bagaimana IQ-nya, bagaimana kecerdasan emosionalnya, bagaimana penguasaan pada substansi materi, bagaimana, bagaimana respons cepatnya," lanjut Masinton.

BACA JUGA: Framing Anies Serang Prabowo Diduga Strategi Menaikkan Performa Capres 02 yang di Bawah Ekspektasi

Itu pula alasannya dalam debat capres selalu dibatasi dengan durasi waktu. Sebab, seorang calon pemimpin harus menyampaikan gagasannya, substansi dari materi yang disampaikan secara lugas, cepat dan tepat.

"Karena apa? Pemimpin itu dibutuhkan untuk merespons hal-hal dengan cepat, tepat, dan substantif," ucapnya.

Masinton kemudian menyampaikan bahwa debat capres kemarin juga disaksikan publik dan dijadwalkan resmi, bukan rapat.

"Maka seluruh pertanyaan dalam debat tadi harus dijawab, begitu. Bukan kemudian, nanti kita ajak ngomong, ngopi, itu rapat, bukan debat," tuturnya.

Oleh karena itu, kata Masinton, dibutuhkan kesiapan dari seorang calon pemimpin menghadapi debat kandidat. Sebab, rakyat mencari pemimpin yang benar-benar serius dan melalui forum perdebatan masyarakat akan melihat kesiapan calon pemimpinnya.

Terkait data, Masinton menekankan bahwa apa yang disampaikan Capres RI nomor urut 03 Ganjar Pranowo seratus persen benar dan tidak ada kebohongan.

Dia menyebut Ganjar bahkan memberi ruang kepada Prabowo maupun stafnya jika ingin membantah data yang disampaikan.

"Beliau memperkenankan kalau ada stafnya (Prabowo, red), mohon dibantah ini data, karena data harus dibantah dengan data, bukan diajak ngomong-ngomong," ujar Masinton.

Saat disinggung pembawa acara tentang sikap Prabowo yang beberapa kali sependapat dengan Ganjar, Masinton mengatakan jelaslah siapa yang menjadi follower dan siapa leader-nya dalam debat tersebut.

"Pak Prabowo jelas, beliau menjadi follower dari Pak Ganjar Pranowo. Di mana Pak Ganjar sebagai leader yang memandu dan memenangkan perdebatan pada saat itu secara substansi," kata Masinton.(cd/fat/jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler