Matangkan Antisipasi Bola Atas

Sabtu, 01 Maret 2014 – 13:11 WIB

jpnn.com - TANGERANG - Menu latihan timnas senior semakin berrfokus untuk strategi menghadapi Arab Saudi dalam lanjutan laga Pra Piala Asia (PPA) 2015 pada 5 Maret mendatang. Dalam sesi latihan di lapangan SPH, Karawaci, Tangerang, Jumat (28/2), antisipasi bola atas menjadi menu utama Firman Utina dkk.

Terlihat pemain Timnas dibagi menjadi tiga kelompok, yang memberikan umpan crossing, menerima umpan, dan melakukan penjagaan. Secara bergantian, pemain menjalani latihan memaksimalkan sekaligus mengantisipasi umpan crossing yang besar kemungkinan bakal sering dilepaskan oleh pemain-pemain Arab Saudi.

BACA JUGA: AS Roma v Inter Milan, Tuan Rumah Di Atas Angin

Menurut pelatih Timnas Alfred Riedl, latihan taktik memang menjadi menu utama. Dia ingin mengantisipasi keunggulan Arab Saudi di bola-bola atas karena secara postur mereka lebih unggul dari pemain Indonesia.

"Kami tidak sekuat Arab Saudi dalam bola-bola atas. Itu berarti kami harus memperbaiki sundulan, mengantisipasi crossing, dan juga terjadinya gol-gol dari bola rebound," katanya usai latihan, kemarin.

BACA JUGA: Pelapis Garuda Jaya Belum Jos

Apakah Saudi pasti menggunakan taktik ini? Riedl belum bisa memastikan karena baru tahu ketika nanti sudah bertanding. Hanya, melihat postur sebagai salah satu kekurangan timnya, bagi dia latihan antisipasi crossing inilah yang harus ditingkatkan.

"Secara keseluruhan, kami banyak melakukan latihan antisipasi untuk long pass," ucap pelatih asal Austria tersebut.

BACA JUGA: Persib Asah Kekuatan di Luar Negeri

Dalam sesi latihan hari ini, menu yang diberikan oleh Riedl kemungkinan bukan lagi bola-bola atas. Dia ingin memberikan menu latihan lain, yang belum dijelaskannya lebih lanjut.

Tapi, informasi dari asisten pelatih Widodo C Putro, latihan pada hari ini dikhususkan untuk game penuh, sebelas lawan sebelas. Mengenai durasi latiha game ini, pelatih asal Gresik tersebut belum bisa memutuskan karena menunggu instruksi lebih lanjut dari Riedl.

Jika berkaca pada kebiasaan Riedl selama ini, Widodo memperkirakan latihan akan dilakukan dalam tiga babak, dimana tiap babak berdurasi antara 12-15 menit. Nah, di setiap babak nanti akan dievaluasi dan ada materi-matr taktik yang coba diberikan.

"Bisa saja durasinya nanti ada perubahan. Tapi kalau kebiasaan beliau begitu," terang  Widodo. (aam)

Dalam Angka
1 Pemain Khoirul Huda baru bergabung latihan hari ini
100 kg atau 30 kantong besar es dibutuhkan untuk terapi air dingin pemain pasca latihan
90 menit, lamanya latihan yang biasanya dijalani oleh Timnas tiap sesinya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pellegrini Dilarang Dampingi City Lawan Barcelona


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler