Mau Langsing Tanpa Diet? Coba Tujuh Tips Ini

Sabtu, 01 September 2018 – 19:54 WIB
Diet. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Diet ketat ternyata bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, banyak yang sudah diet malah terkena efek Yoyo, yaitu berat badan kembali lagi seperti semula.

Dilansir dari Boldsky, ada 7 cara alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih kurus. Bagaimana caranya?

BACA JUGA: Tingkatkan Kebugaran dengan 7 Cara ini

1. Sarapan Bergizi

Ada alasan mengapa dokter meminta kita semua untuk tidak melewatkan sarapan. Ternyata, sarapan tidak hanya menetralkan kelebihan asam yang disekresikan oleh perut dalam semalam, tetapi juga mencegah makan terlalu banyak saat siang.

BACA JUGA: Diet Keto Bisa Sebabkan Diare?

Tetapi, bukan berarti harus sarapan pagi dengan sosis berlemak, daging, dan kentang goreng. Sebagai gantinya, sarapan bergizi dan kaya serat, seperti semangkuk sereal gandum atau roti alpukat dengan telur orak-arik. Menu tersebut mampu membuat tubuh kenyang sampai waktunya makan siang dan akan memberi energi yang cukup untuk terus berjalan.

2. Porsi 5 Makanan

BACA JUGA: Benarkah Pil KB Bikin Jerawatan?

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang makan beberapa makanan dalam porsi kecil sepanjang hari cenderung lebih mampu menurunkan berat badan daripada mereka yang makan tiga kali tapi dalam porsi besar. Maka selingi makan pagi, siang, dan sore dengan buah atau camilan sehat.

3. Minum Lebih Banyak Air

Kita sering salah kaprah dengan minum hanya pada saat haus. Padahal, minum lebih banyak air membuat tubuh kenyang dan mencegah rasa lapar yang terlalu dini.

Selain itu, air juga sangat penting untuk tubuh kita, terutama bagi organ hati, ginjal, otak, dan saluran pencernaan.

4. Hitung Langkah Kaki

Rata-rata 10 ribu langkah setiap hari dianggap cukup berolahraga untuk menurunkan berat badan dalam 1 bulan.

5. Makan Kaya Serat

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan kaya serat baik untuk tubuh, termasuk untuk mengurangi berat badan. Maka tambahkanlah sejumlah makanan ini dalam menu setiap harinya, yakni buah beri, alpukat, produk whole grain, ikan, dan kenari.

6. Olahraga atau Zumba

Olahraga menari adalah cara yang jauh lebih baik untuk menurunkan berat badan dari pada melakukan aktivitas lainnya. Dengan olah raga yang disukai, seperti zumba dan berenang bisa membuat tubuh lebih langsing.

7. Berhenti Makan Banyak Gula  

Banyak penelitian telah terbukti bahwa gula membuat orang kegemukan. Mungkin karena itulah kini dunia menghadapi masalah obesitas. Jadi, batasi makan gula. (ika/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Cara Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler