Maung Mulai Bertaring

Fisik Pemain Masih Jadi Perhatian

Minggu, 23 September 2012 – 07:54 WIB
Suporter Persib. Foto: Ramdhani/dok.JPNN
BANDUNG - Melakoni uji coba perdana jelang kompetisi sebenarnya, Persib Bandung berhasil menang telak 5-0 atas lawannya UNI Bandung, di Lapangan Pusdik Armed, Cimahi, kemarin (22/9).

Pada laga uji coba kemarin,  skuad Maung Bandung tampil dengan kekuatan penuh. Jajang Nurjaman menurunkan 11 pemain di babak pertama, mereka diantaranya, Shahar Ginanjar, Agung Pribadi, Maman Abdurrahman, Aang Suparman, Tony Sucipto, Hariono, Atep, Asri Akbar, Dzumafo Epandi, Airlangga Sucipto dan Airlangga Sucipto. Di laga itu, Maung Bandung menurunkan formasi 4-4-2.

Kendati mampu menggunduli lawannya, ketahanan fisik para pemain Persib masih menjadi catatan penting bagi pelatih. Dikatakan Asep Sumantri, kekuatan fisik para pemain Persib masih berada di level 70-80 persen. Menurut asisten pelatih itu, level tersebut cukup untuk mengarungi kompetisi. Meskipun, masih harus ditingkatkan.“Uji coba kali ini yang diutamakan adalah melihat kondisi fisik. Konsidi fisik sudah mulai 70 ke 80 persen,” kata Asep ditemui usai pertandingan.

Disinggung pola permainan Persib yang memakai satu dua sentuhan, Asep mengatakan bahwa penerapan strategi harus lebih dimatangkan lagi.

“Kita coba main bola satu-dua sentuhan dan itu yang memang coba kita terapkan kepada pemain. Meski ada sedikit masalah, nanti pelatih kepala yang coba perbaiki di lapangan,” terang Asep.

Babak pertama, anak asuh Jajang Nurjaman berhasil unggul 3-0 melalui Atep, Dzumafo Epandi (penalti) dan Aang Suparman. Sedangkan dua gol tambahan diciptakan kembali oleh bek Aang Suparman dan pemain magang, Ganjar di babak kedua.

Sementara itu, pelatih fisik Persib Bandung, Dino Sefriyanto mengatakan bahwa dalam ujicoba kemarin, fisik dan daya tahan tubuh pemain sudah mulai baik. Pemain yang diturunkan dalam laga uji coba kali itu, para pemain yang sudah melalui tes fisik selama tiga minggu.

“Sentuhan bermain di lapangan mereka masih terasa. Sedangkan daya tahannya juga sudah terlihat bagus. Kita dengan pak Jajang memang sudah memprogramkan latihan fisik selama dua minggu. supaya pemain tak jenuh kita berikan kombinasi dalam latihan,” ungkapnya.

Menurut Dino, kecepatan pemain di lapangan masih menjadi kekurangan yang harus segera diselesaikan. “Latihan kecepatan akan kita lakukan setelah uji coba ini, kemungkinan minggu depan kita mulai latihan kecepatan. Setelah dua kali ujicoba lagi baru kelihatan pemain bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Persib sendiri akan merencanakan partai uji coba selanjutnya pada Kamis (27/9) di Stadion Siliwangi melawan PSAD. (bie/bbs)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Agar Tak Makin Tertinggal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler