Mayoritas Nahdiyin Jatim Pilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024

Rabu, 19 Juli 2023 – 14:41 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyatakan kalangan nahdiyin di Jawa Timur (Jatim) memilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut merujuk pada hasil survei yang telah dilakukan ARCI periode 4-15 Juli 2023.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Capres Kompeten untuk Masa Depan Generasi Muda Indonesia

“Faktor besar lain dari temuan kami adalah pemilih Nahdliyin yang sangat besar di Jatim cenderung memilih Prabowo dibanding dua nama lain,” kata Baihaki dalam siaran persnya, Rabu (19/7).

Dalam hasil survei yang melibatkan 1.250 responden tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan suara mayoritas dari warga Nahdlatul Ulama (NU). Menteri Pertahanan itu mendapatkan dukungan sebanyak 32,06 persen.

BACA JUGA: Komitmen Majukan Olahraga Indonesia, Prabowo Berpotensi Raup Suara Pemilih Muda

Kemudian, sebanyak 30,01 persen kalangan nahdiyin lainnya memilih Ganjar Pranowo. Lalu, Anies Baswedan hanya mampu meraup 17,4 persen suara dari kalangan Nahdliyin.

Tak cukup sampai di situ, selain mendapatkan dukungan dari kalangan nahdiyin di Jatim, elektabilitas Prabowo juga makin meningkat belakangan ini.

BACA JUGA: Prabowo Tegaskan Siap Bertemu Bu Mega

Hal itu menurutnya tidak lain karena adanya isu Presiden Jokowi mendukung Prabowo untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya.

“Ada faktor itu (endorse Jokowi),” ungkap Baihaki.

Selain dikabarkan mendapat dukungan dari Presiden Jokowi, masyarakat Indonesia secara luas melihat sosok Prabowo adalah pemimpin yang tegas.

Publik juga meyakini jika menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu juga mampu berkomitmen untuk menjadi penerus program dari pemerintahan Presiden Jokowi.

“Responden menilai Prabowo pemimpin yang tegas, dan meyakini Prabowo orang yang komitmen menjadi penerus program Jokowi,” kata dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo Mania Jatim Mendukung Cak Imin Jadi Cawapres


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler