Mbah Sangkrah Pimpin Prosesi Larung Sesaji di Pantai Selatan

Selasa, 03 September 2019 – 09:05 WIB
Prosesi Larung Sesaji di pantai Tambakrejo, Blitar, Jawa Timur, Senin (2/9). Foto: Dispen Lantamal V

jpnn.com, BLITAR - Sesepuh Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Mbah Sangkrah memimpin prosesi adat larung sesaji di Pantai Tambakrejo, yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa pada Senin (2/9) kemarin.

Prosesi sesajian dilarung dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tambakrejo, setelah sebelumnya dibacakan sejarah Desa Tambakrejo.

BACA JUGA: KRI Bima Suci Mengemban Misi Diplomasi Bangsa ke Korea Selatan

Selain sebagai sarana nguri-uri budaya , prosesi larung sesaji juga merupakan salah satu daya tarik wisata pantai selatan ini.

BACA JUGA: Enam Warga Tersambar Api saat Prosesi Ngaben Massal

BACA JUGA: Hati-hati, Sepuluh Prajurit TNI AL Bersenjata Laras Panjang Siap Menembak

Dinas Penerangan Lantamal V dalam keterangan persnya, menyebutkan setiap gelaran larung sesaji, Pantai Tambakrejo selalu ramai dipadati pengunjung.

BACA JUGA: Posmat TNI AL Perigi Trengalek Gelar Aksi Membersihkan Pantai

Pos Angkatan Laut (Posal) Tambakejo, Blitar yang berada di bawah Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal ) Malang, Lantamal V, turut mengamankan Prosesi Seni Budaya Peringatan Bulan Muharam 1441 H /1 Suro yang dikemas dalam “Larung Sesaji" di pantai DEsa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin (2/9).

Perayaan tahunan kali ini diikuti sedikitnya 5.000 orang dengan ketua panitia Kepala Dinas Potbudpar Blitar, Endro Winarso dan diresmikan oleh Bupati Blitar H. Rijanto.

Danposkamladu Blitar bersama Muspika Blitar turut hadir dan mendukung terlaksananya kegiatan Larung Sesaji tersebut.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harapan Laksamana Siwi Pada Peringatan HUT Ke-74 RI


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler