McLaren Luncurkan Mobil No 1

Sayap Depan MP4-24 Lebih Lebar daripada F60

Sabtu, 17 Januari 2009 – 09:24 WIB
Foto : AP
WOKING - Mobil kandidat juara Formula 1 2009 diluncurkan McLaren-Mercedes kemarinBertempat di markas mereka di Woking, Inggris, mereka meluncurkan MP4-24.

Sukses Lewis Hamilton menjadi juara dunia pembalap musim lalu membuat McLaren-Mercedes berhak menyandang nomor satu

BACA JUGA: Mobil Terperosok, Carlos Sainz Out

Nomor yang cukup istimewa, mengingat musim lalu McLaren harus rela mendapatkan nomor buncit setelah dinyatakan bersalah dalam kasus spionase.

Seperti halnya Ferrari dan Toyota yang meluncurkan mobil terlebih dahulu, mobil baru McLaren tersebut lebih ramping dan compact untuk menyesuaikan dengan regulasi baru F1
Sedikit perbedaan yang mencolok MP4-24 dengan Ferrari F60 dan Toyota TF109 adalah sayap depan yang lebih lebar dan sayap belakang lebih tipis.

Bos McLaren Ron Dennis menyebutkan, MP4-24 adalah buah kerja keras timnya

BACA JUGA: FIA Ragu, PP IMI Siapkan GT Car

Perubahan regulasi mulai ban hingga larangan penggunaan pernik-pernik sayap membuat mereka harus bekerja lebih keras daripada biasanya.

''Perubahan besar regulasi itu menuntut kerja keras
Tidak hanya kami, tapi juga tim-tim lain

BACA JUGA: Nadal-Jankovic Paling Diunggulkan

Ini adalah perubahan terbesar sepanjang 15 tahun terakhir,'' ujar Dennis sebagaimana dilansir Autosport''Ke depan, perubahan itu akan membuat perjuangan untuk mempertahankan gelar juara jauh lebih sulit,'' sambungnya.

Perubahan regulasi itu disebut Dennis membuat para ilmuwan di timnya merancang konsep mobil yang benar-benar baruTidak hanya memenuhi tuntutan kecepatan untuk mempertahankan gelar juara dunia, MP4-24 juga memperhatikan faktor keindahanDennis selama ini memang dikenal sebagai figur yang memiliki perhatian besar kepada hal itu.

''Kami juga dituntut untuk membuat mobil yang berpenampilan menarikItu prinsip yang kami junjung tinggiJika penampilannya bagus, ke depannya akan bagus,'' kata Dennis.

Mobil baru itu hari ini, rencananya, diturunkan ke lintasanTest driver Pedro de la Rosa akan mendapatkan kehormatan melakukan shakedwon, mengecek semua komponen apakah berfungsi dengan baikMcLaren juga memiliki satu unit lagi MP4-24 di Portugal, yang juga akan dites dalam waktu dekat.

''Rangkaian tes ini merupakan periode kritis karena akan menjadi dasar bagi kiprah kami sepajang musim ini,'' tandasnya.

Bos Mercedes Motorsport Norbert Haug juga mengaku puas dengan peluncuran kemarinPerubahan regulasi terkait penggunaan KERS juga membuat timnya di Mercedes bekerja ekstra keras''Saya rasa ini adalah salah satu musim gugur paling menantangKami telah membekukan mesin, namun regulasi rpm berubah menjadi 18.000 dan penggunakan KERSAda banyak hal baru yang harus kami kembangkan dengan baik,'' katanya.

Mendapati tunggangan barunya, Hamilton tampak berseri-seriItu adalah kali pertama juara dunia termuda tersebut melihat secara utuh mobil yang akan dia andalkan untuk mempertahankan gelar juara dunia''Penampilannya (MP4-24) cantikIni adalah kali pertama saya melihatnya secara utuh,'' kata Hamilton.

Whitmarsh Gantikan Posisi Dennis

Selain meluncurkan mobil baru, McLaren mengumumkan keputusan pentingDennis yang menjadi nakhoda tim itu sejak 1981 memutuskan mundur dari posisi team principalPosisi itu selanjutnya akan diisi wakilnya, Martin Whitmarsh, yang sebelumnya menduduki posisi CEO.

Meski meninggalkan posisi team principal, Dennis tidak akan meninggalkan begitu saja McLarenDia akan tetap menduduki posisi executive chairman di McLaren GroupDia juga akan tetap datang ke sirkuit meski tidak semua lomba.

''Ini waktunya bagi Martin mengambil alihJangan anggap ini sebagai pension, saya bahkan akan bekerja lebih keras,'' tandas Dennis(ady/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... City Pede Dapatkan Kaka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler