Media Malaysia Sebut Shin Tae Yong Berang ke PSSI, Ini Penyebabnya

Senin, 31 Januari 2022 – 12:27 WIB
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Foto: ANTARA/HO/PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Makan Bola, media yang berbasis di Malaysia membuat sebuah judul yang provokatif terkait respons Shin Tae Yong soal kelanjutan proses naturalisasi pemain keturnan Indonesia.

Mereka menyebut coach Shin berang karena PSSI lamban dalam mengurus proses naturalisasi.

BACA JUGA: Begini Trik Shin Tae Yong Agar Pemain Naturalisasi Cepat Gabung Timnas Indonesia

"Shin Tae Yong Berang, PSSI & Pemerintah Lambat Menyelesaikan Proses Naturalisasi Pemain," tulis Makan Bola dalam judulnya.

Lebih lanjut, Makan Bola mengungkapkan Shin Tae Yong kecewa karena belum ada keputusan resmi dari PSSI meski dokumen sejumlah pemain keturunan sudah lengkap.

BACA JUGA: Terkuak, Ini Penyebab Timor Leste Babak Belur di Tangan Timnas Indonesia

"Shin Tae Yong menjelaskan dokumen yang diperlukan untuk proses naturalisasi pemain sudah lengkap, tetapi belum ada keputusan resmi dari PSSI terkait hal ini," lanjut laporan Makan Bola.

Sebelumnya, coach Shin sempat ditanya soal perkembangan naturalisasi empat pemain keturunan Indonesia, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen, dan Mees Hilgers.

BACA JUGA: Kabar Baik, Bek Pengawal Messi di La Liga Kian Dekat Berseragam Timnas Indonesia

Namun, dia mengaku belum mendapat laporan apa pun dari PSSI.

"November lalu saya menerima laporan bahwa proses naturalisasi sedang dipercepat. Namun, hingga saat ini, saya belum menerima laporan apa pun," ungkap Shin Tae Yong.

"Secara pribadi, kami perlu menghubungi mereka yang akan menjadi pemain naturalisasi, terlebih apabila dokumen mereka sudah lengkap," imbuhnya.

Di lain kesempatan, Exco PSSI Hasani Abdulgani menargetkan proses naturalisasi bisa rampung sebelum April mendatang.

Harapannya, keempat pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

"Proses naturalisasi pemain keturunan sedang digodok PSSI dan Menpora agar bisa rampung sebelum April," tulis Hasani melalui instagram pribadinya.

"Target ketum PSSI para pemain naturalisasi bisa membela Timnas di Kualifikasi Piala Asia dan Piala AFF 2022," imbuhnya.

Kehadiran pemain keturunan di Timnas Indonesia tentu menjadi opsi menarik bagi Shin Tae Yong yang saat ini lebih banyak mengandalkan pemain muda.(mcr15/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler