Meet the World With SKF Cari Tim Berbakat Untuk Mengikuti Gothia Cup 2025

Rabu, 09 Oktober 2024 – 17:12 WIB
Jumpa pers Meet the World With SKF. Foto: Cantrik ACL

jpnn.com - JAKARTA - Turnamen sepak bola usia muda Meet the World With SKF segera digelar di Indonesia. Ajang yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini akan mencari tim terbaik untuk diberangkatkan ke festival sepak bola usia muda terbesar dunia, Gothia Cup, di Swedia pada 2025.

Meet The World adalah bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) SKF melalui SKF Care yang fokus terhadap youth development melalui platform sepak bola.

BACA JUGA: 28 Pemain Muda Tays Bakers Barati Siap Guncang Gothia Cup 2023 Swedia

Turnamen Meet the World With SKF akan dibagi dalam dua babak, yaitu Regional Tournament dan Grand Finale.

Babak regional tournament akan digelar di enam kota, yaitu:

BACA JUGA: Timnas Pelajar U16 Kemenpora Catat Hattrick di Gothia Cup 2019

  • 2-3 November 2024 di Jakarta dan Bandung
  • 9-10 November di Surabaya dan Solo
  • 15-16 November di Makassar
  • 16-17 November di Pekanbaru

Ada 20 hingga 32 tim kategori U-12 dari masing-masing kota yang akan bersaing untuk lolos ke Grand Finale di Jakarta pada 23-24 November nanti.

Pada babak Grand Finale nanti hanya ada 20 tim terbaik yang akan berpartisipasi untuk menjadi juara dan akan dikirimkan ke Gothia Cup 2025.

BACA JUGA: Ezra Walian Latih Anak-anak Seleksi Gothia Cup 2019 di Bogor

Satu tim lagi yang akan diberangkatkan adalah melalui seleksi yang akan digelar di Papua dan bekerja sama dengan Papua Football Academy (PFA) by Freeport.

Kenapa Papua?

Ini adalah inisiatif dari SKF yang ingin memfasilitasi para pemain berbakat dari daerah yang kurang mendapatkan akses untuk bisa menunjukkan kualitas mereka.

Seleksi yang dilakukan bersama Papua Football Academy bakal digelar di Timika, Papua, 28 - 30 November, 2024.

“Sepak bola Indonesia saat ini sedang berkembang pesat. Timnas Indonesia pun mulai menjadi perbincangan di level internasional berkat prestasinya. Kami dari SKF ingin mendukung terus sepak bola Indonesia agar bisa terus mencetak para pemain berkualitas, yang bisa diandalkan Timnas Indonesia pada masa depan," kata President Director SKF Satheswaran Mayachandran.

"Kami berterima kasih kepada pihak PT Freeport Indonesia yang sudah berpartisipasi bersama kami untuk program ini di Papua."

“Event ini bukan saja hanya sekedar kompetisi tetapi juga membangun karakter generasi muda di Indonesia melalui kerja sama tim, fair play, kepemimpinan leadership dan persahabatan,” imbuh Satheswaran.

Pemimpin Cantrik ACL (pihak penyelenggara Meet the World with SKF di Indonesia), Chandra Syahriar mengungkapkan antusiasme yang begitu tinggi dari para peserta.

“Kami tahu sebelumnya sudah banyak tim-tim usia muda yang dikirimkan ke Gothia Cup, melalui berbagai event sepak bola usia muda. Dengan Meet the World With SKF sebagai Qualifier National Resmi dari Gothia Cup yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini kami sangat gembira melihat antusiasme peserta dari enam kota yang mencapai 200 tim, dan pastinya mendapatkan pengakuan langsung dari pihak Gothia Cup,” kata Chandra.

Di lain pihak, PT Freeport Indonesia menyambut baik adanya kerja sama dengan SKF melalui Papua Football Academy untuk mencari talenta terbaik yang akan dikirimkan ke Gothia Cup 2025.

“Kami berharap para talenta muda dari Papua yang terpilih nanti bisa mendapatkan pengalaman yang berharga, apalagi Gothia Cup levelnya sudah internasional yang bisa makin mengasah skill sepak bola mereka,” kata Vice President of Community Development PT Freeport Indonesia Claus Wamafma.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga merespons positif ajang ini.

"Saya hadir di acara Gothia sore ini karena ini dalam rangka membangun dari grassroots terkait pembibitan sepak bola usia muda,” ujar Erick.

Sebelum digelarnya National Tournament, juga akan diselenggarakan terlebih dahulu SKF Girl School Challenge di Jakarta pada 19-20 Oktober 2024. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler