Megawati Beri Izin Ahok Bertugas, Apa Itu?

Minggu, 26 Mei 2024 – 19:57 WIB
Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut kader parpolnya sekaligus eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meminta ditugaskan partai.

Dia berbicara demikian saat menyampaikan pidato penutup Rakernas V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5).

BACA JUGA: Hasil Rakernas V PDIP, Megawati Diminta Tetap jadi Ketua Umum 2025-2030

Awalnya, Megawati dalam pidato menyapa beberapa tokoh dalam Rakernas V seperti Ganjar, lalu dilanjutkan kepada Ahok.

"Kemudian juga ada, kalau saya manggilnya, sih, Pak Ahok," kata putri Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu, Minggu.

BACA JUGA: Megawati Diberi Kewenangan Menentukan Arah Politik PDIP Terhadap Pemerintahan Mendatang

Ribuan kader yang turut hadir Rakernas V PDI Perjuangan bertepuk tangan ketika Megawati menyebut nama Ahok.

Megawati kemudian mengungkapkan alasan lebih suka memanggil Ahok ketimbang Basuki atau Tjahaja Purnama.

BACA JUGA: Geopolitik Masuk Poin Rekomendasi Rakernas V, PDIP Minta Pemerintah Aktif Menciptakan Perdamaian

Dia bercerita pernah mengunjungi Ahok yang berada di tahanan, lalu menghibur eks Komut PT Pertamina dengan bercanda soal nama.

"Saya suka datang ke tahanannya, tertutup. Saya suka goda, namanya bagus, tetapi, kok, nasibnya enggak bagus, ya. Kan, Tjahaja Purnama, bayangkan, lo. Makanya saya bilang, sudah, ah, saya memanggilnya Ahok saja, dah," kata Megawati.

Presiden kelima RI itu kemudian berbicara Ahok pernah meminta ditugaskan oleh partai setelah menyelesaikan kerja di pemerintahan.

Megawati mengaku sudah memberikan tugas, meskipun Ketua Dewan Pengarah BPIP itu tidak mendetailkan peran yang diberikan kepada Ahok.

"Sekarang beliau bersama kita, sudah keluar dari pemerintahan, lalu bilang pada saya, ibu minta tugas. Oke, sudah ada tugasnya," kata dia.

PDI Perjuangan mengusung tema Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang dengan subtema Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran pada Rakernas V kali ini.

Ribuan peserta yang terdiri dari fungsionaris partai di berbagai tingkatan dan kepala daerah dan legislatif dari PDI Perjuangan hadir dalam Rakernas V yang dilaksanakan tiga hari dari Jumat sampai Minggu.

PDI Perjuangan sudah memulai rangkaian Rakernas V dengan melaksanakan pawai obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam pada Jumat (17/5).

Adapun, obor api diambil PDI Perjuangan dari Mrapen Grobogan kemudian pawai dilakukan di 20 kabupaten atau kota dengan jarak 526 kilometer. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kader PDIP Sepakat, Inilah Permohonan Mereka kepada Megawati


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ahok   PDIP   Megawati   rakernas PDIP  

Terpopuler